Sasis Suzuki GSXRR Mumpuni, Siap Dijejali Mesin Lebih Powerful

suzuki

Yola dulur yang budiman… ada info menarik tentang motor suzuki di ajang motogp, suzuki gsxrr. Seperti yang kita ketahui bersama, dengan hak konsesinya, maka pengembangan motor suzuki boleh langsung dipakai di balap musim ini pula. Satu hal yang bisa disimpulkan adalah bahwa suzuki gsxrr mempunyai sasis yang mumpuni, sehingga siap dijejali dengan mesin yang lebih powerfull.

Ya… mesin yang lebih powerfull, karena selama ini gsxrr nampak kewalahan saat melayani motor lain di end straight, alias trek lurus. Power atasnya masih kalah dan dianggap kurang kompetitif. Namun di beberapa seri ini, suzuki mulai bisa mengimbanginya. Ini karena team terus improve di sektor mesin. Namun hal yang penting adalah bahwasanya sasis suzuki gsxrr masih mampu menggendong mesin yang lebih powerfull tadi. Percuma mesin powerfull jika akhirnya motor understress karena sasis tak mampu melayaninya.

Dengan warisan blueprint sasis sebelumnya, maka sasis yang sekarang tinggal mendapatkan sentuhan kecil untuk mengikuti upgrade mesin yang lebih powerfull tadi. Penambahan topspeed suzuki gsxrr tidak harus mengorbankan keunggulan motor saat melahap tikungan. Ya…. potensi besar suzuki adalah saat menghadapi tikungan. motor mempunyai traksi yang sangat bagus, sehigga mampu cepat saat masuk dan keluar tikungan.

Terdengar sangat familiar bukan? Benar… karena selama ini keunggulan di tikungan adalah ranahnya yamaha . Namun ternyata Suzuki bisa mengikutinya. Kenapa??? davide brivio ada di situ, dan yamaha adalah fondasi utama pengembangan motor ala brivio yang matang menangani Rossi di yamaha. Ditambah dengan piranti aerodinamik, elektronik, untuk mengejar penambahan power di rpm atas. Itu adalah target utama suzuki musim depan.

gulf oil

 Rins said: “I think the clear point [to improve] is the engine, the top speed. We need to improve in fifth and sixth gears.

“One strong point [of the current Suzuki] is in the fast corners, our bike has a lot of potential on the traction area. We need to keep the same to also be fast for next year.

“But the important thing is to improve the engine, the electronics, the acceleration. I think they are working really hard to manage these things.”

Musim depan karena suzuki sudah tidak akan mendapatkan hak konsesi. Dan itu memang target suzuki musim ini. Alasannya sangat jelas. Sebenarnya mesin musim lalu itu punya fondasi bagus. Hanya karena ada kesalahan arah pengembangan, dan suzuki tak punya hak konsesi, maka perbaikan mesin tak bisa dilakukan. Padahal kesalahannya cukup sederhana, mesin menjadi lebih berat karena adanya tambahan komponen yang ternyata tidak signifikan menambahi performa.

“The engine of last year had some great positives; it just happened that was outweighed by other things. My job is to understand and reduce the odds [of getting it wrong].”

Itulah kenapa suzuki pada seri motegi kemarin memasang Guintoli dengan motor suzuki gsxrr untuk 2019. Mengetes secara langsung bekal motor musim depan di race motogp secara riil. Dan terbukti durabilitynya bagus, dan sesuai dengan jalur yang diinginkan. Jadi kekhawatiran kehilangan hak konsesi musim depan tidak menjadi masalah. Persiapan motor sejauh ini sudah benar.

Ini juga menjawab isyu : Suzuki masih pede dengan mesin 4 inlinenya…. belum tertarik menggunakan mesin 4V. Apakah suzuki punya mesin 4V? Punya dong ah……. :mrgreen: .

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

Be the first to comment

Leave a Reply