Sandiwara Blog : Kisah Lahirnya Asimo Di RC213V ( Part 3 )

suzuki

Yola dulur…pada seri sebelumnya diceritakan kelahiran RC213V versi beta, RC212V yang sudah dikombinasikan dengan sasis, data algoritma, sensor keseimbangan ala tehnisi dari Yamaha, plus Seamless Shift Gearbox (ssg). Juga perekrutan Casey Stoner dari Ducati sebagai rider utama HRC. Silahkan dulur cek di artikel sini.

rc212v stoner
rc212v stoner

sandiwara-blog-kisah-lahirnya-asimo-di-rc213v-part-2

Di musim 2012 ini deka sebut sebagai tahun Dr jeckyll and Mr Hyde nya HRC. Setelah RC213V beta di musim 2011, tahun 2012 adalah tahun kelahiran RC213V. Motor generasi ke-3 dari RCV ini mengalami pengembangan signifikan di sektor sasis, elektronik, dan gearbox SSG. RC213V memenangi 12 balapan dari 18 seri. Di akhir musim poin konstruksi menang mutlak dibanding nemesis abadinya, yamaha.

Dominasi kemenangan RC213V seperti Dr Jeckyll yang jenius bagi HRC, namun persaingan antar pembalap utamanya, Stoner dan Pedrosa membuat poin perolehan pembalap nggak maksimal. Inilah sisi Mr Hyde HRC yang dibekali motor mumpuni dan 2 pembalap mumpuni. Juara dunia pembalap diambil oleh Jorge Lorenzo dari yamaha yang hanya memenangi 6 balapan. Lorenzo menang konsistensi podium 2. Sedangkan antara Stoner dan Pedrosa beberapa kali DNF. Apalagi Stoner yang sempat balik kampung ke Australi selama 3 seri dengan alasan kelelahan kronis.

RC213V sepertinya sudah menjadi paket yang komplit sebagai motor balap. Tenaga meledak-ledak khas mesin V-twin dikombinasikan dengan paket elektronik, sasis ala tehnisi yamaha, plus SSG yang fenomenal. Namun Shuhei Nakamoto tidak puas dengan capaian itu, bagaimanapun M-1 yamaha tetap sebagai ancaman karena selalu konsisten juara 1 atau 2. Dominasi RC213V masih dalam kondisi kritis.

RC213V marquez-pedrosa
RC213V marquez-pedrosa

Maka dari itu RC213V dikembangkan lagi soal elektronik dan keseimbangan yang secara nyata membuat RCV berubah signifikan. HRC dengan keunggulan sumber dayanya mulai fokus di tehnologi keseimbangan yang berhubungan dengan ECU dan traksi kontrol yang super kompleks lagi, mirip dengan tehnologi keseimbangan ASIMO yang dipakai di mobil F-1 mereka. Masalahnya Dorna sebagai penyelenggara motogp tetap memberikan batasan dana riset bagi pabrikan… Bukan unlimited…

Sedangkan hasil riset HRC termasuk diluar nalar bagi team-team lain, nggak mungkin menurut mereka untuk mengikuti risetnya HRC, bahkan sekelas YFR riset tersebut mentok karena anggarannya akan melebihi batasan yang diperbolehkan oleh Dorna. Lho…. berarti HRC melebihi anggaran yang diperbolehkan Dorna? melanggar aturan? Jawabannya adalah Tidak….

marquez dan nakamoto
marquez dan nakamoto

Sekali lagi faktor Shuhei Nakamoto-lah kuncinya, walau HRC membawa tehnologi level tinggi seperti SSG, Throttle Control, Torductor, ASIMO, namun hal itu tidak mengeluarkan anggaran yang mega price. Shuhei Nakamoto tinggal comot langsung dari HRD, divisi balap mobil yang sudah tutup. Tehnologi yang mangkrak tersebut tinggal comot langsung tanpa biaya. Dana ditujukan untuk riset aplikasinya saja, sedangkan dana penemuannya hampir 0.

RC213V dengan tehnologi Asimo, SSG, Torductor benar-benar membuat team-team lain seperti amatiran saat dipegang oleh Marc Marquez di tahun 2013…. Pembalap tinggal betot gas dan rem, soal pengaturan keseimbangan dan kontrol traksi saat masuk dan keluar tikungan sudah ditangani oleh ASiMo. Meskipun Marquez sering nampak sliding, namun sliding yang terkontrol karena spin ban tidak akan melebihi batasannya…. aman. Berbeda dengan tanpa asimo, batas spin yang mengatur adalah lengan tangan pembalap mengatur throttle. Terlalu gede buka gas, soorrrr…. Ndlosor karena overdrifting.

Rumor liar yang berkembang, asimo inilah yang membuat Stoner memutuskan pensiun dini. Selain semua sudah diatur oleh asimo, maka perbedaan skill pembalap akan rancu menurut Stoner. Ngga ada tantangan lagi membalap motogp, kata Stoner. Di lain sisi, gaya sliding inilah kekuatan utama Stoner, jika dilimitasi oleh asimo, maka skill Stoner akan ikut dibatasi. Pernah denger beberapa bulan yang lalu Shuhei Nakamoto mencak-mencak kan, kalau Stoner musim ini tidak banyak menolong walau direkrut untuk menggantikan Pedrosa yang cidera?? Skill sliding yang dibatasi menjadi alasan yang masuk akal….

marquez
marquez

Begitulah kisah sandiwara blog, kisah tentang penggunaan tehnologi asimo di motor RC213V honda.

( Tamat )

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum