Salah Satu Kekurangan GSXR150 Bagi 78deka.com

suzuki

Yola dulur yang budiman….walaupun secara keseluruhan suzuki gsxr150 yang ngadimin miliki sudah memenuhi expektasi ngadimin, namun tetap saja ada kekurangan bagi ngadimin. Selain posisi setang yang full racy nunduk, sektor penerangan adalah salah satu kekurangan bagi ngadimin. Ini bukan berarti berlaku ke semua rider lho ya.

Memang penglihatan ngadimin sendiri sudah tidak begitu tajam. Ada gejala rabun dekat, ini sudah berlangsung sejak 2010 yang lalu, walaupun tetap bertahan tanpa memakai kacamata. Makanya tiap mempunyai motor, selalu sektor lampu mendapatkan modifikasi tambahan. Contohnya saja ki bagong pulsar 180 ngadimin modif memakai bohlam osram allseason super+lampu tembak LED, begitu pula dengan sipiter, jupiter mx memakai watt yang lebih besar, osram all season super, siyoji miyoje, nggak dimodif tapi nggak berani pakai waktu malam. Si siwi skywave juga upgrade bohlam biar lebih terang.

Nah…si gipsy danger gsxr150 pun demikian. Bagi ngadimin, kekuatan headlamp LED masih berasa kurang di moment-moment tertentu, misalnya di bekas hujan, saat hujan, atau di kondisi remang-remang. Jika di kondisi gelap total malah jelas, tapi yang agak-agak gelap kok malah kurang nyaman gitu.

Makanya setelah menabung sekian puluh ribu jam,  :mrgreen:  akhirnya dianggap cukup untuk memasang lampu jenis Projie atau projector. Dengan lampu model ditembak melalui lensa projector, maka pancaran lampu menjadi lebih tebal, fokus dan terang. Inilah yang ngadimin harapkan. Saat riding malam, mata menjadi lebih nyaman.

Terus berapa harga yang harus ditebus untuk memasang lampu projie? Well…bervariasi sih….. Tergantung kualitas dan modifikasinya. Karena merasa sudah tua, maka projie yang dipasang di gipsy danger bukan yang full colour dan angel eye ngejreng. Yang penting lampu lebih terang tanpa membuat lawan arah silau. Itu adalah langkah yang paling bijak.

Sayangnya beberapa kasus lampu projie membuat perkara dengan aparat kepolisian. Alasannya bukan lampu bawaan motor alias modif. Padahal lampu projie jauh-jauh lebih safety daripada lampu bawaan, khususnya yang masih memakai reflektor. Lampu projie mempunyai tipikal, karakter sorot cahaya yang fokus, batas antara terang dan gelap sangat jelas. Inilah yang membuat lampu lebih terang tapi tidak membuat silau lawan.

Sepertinya penerapan aturan soal lampu motor di kepolisian perlu dijabarkan lebih detail dan kekinian. Lampu yang lebih safety kok dianggap ilegal dan menyalahi aturan, padahal mobil-mobil modern sudah pada lampu projie….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum