Salah Apa MT-25 ?

suzuki

Yola dulur….awalnya deka nggak begitu tertarik mengikuti berita motor naked 250 cc yamaha MT-25. Bukan karena motornya jelek atau tidak sesuai ekspektasi, justru tidak mengikuti atau menulis tentang klan master of torque karena motornya sendiri sudah sesuai dengan apa yang deka sangkakan.

yamaha mt 25
yamaha mt 25

Deka justru menulis MT 25 ini karena banyak cibiran dan komen-komen yang menggiring opini kalau motor ini under expectation, nggak layak menyandang nama MT, salah desain. Pertanyaan yang muncul adalah, salah apa MT-25 sampai dicibir sedemikian rupa?

Deka bukan pula melakukan pembelaan, lha wong kagak digaji yamaha, bukan pula FBY ( yang sering ngobrol pasti tahu deka fanboy mana 😀 ). Disini deka hanya mengajak diskusi tentang motor naked 250 cc ini dari sudut pandang outsider.

Kalau dibilang MT-25 salah desain, bahkan dibilang mirip byson, ini masih debatable. Kenapa? karena kita sudah terbiasa melihat motor desain berotot itu byson. Lekukan kesan berotot mt 25 memang mengingatkan akan byson, walaupun tanpa meninggalkan garis desain mt yang stream, berotot tapi langsing.

yamaha
yamaha mt 07

Serie MT kok sasisnya pipa ledeng? Lha yang salah dimananya? kalau parameternya MT-125,  ya jelas nggak akan gathuk, lha wong mt 125 itu pecahan dari R-125 yang pakai sasis deltabox. Coba kalau parameternya MT-07, motor ini juga memakai sasis tubular. Walaupun memang tubularnya R-25 ini menurut subyektif deka nggak ada kesan wow-nya. Tapi mau bagaimana lagi, mosok kudu bikin sasis baru? nambah biaya riset lagi. Ini memang “kesalahan” awal saat bikin R-25 dulu.

Yamaha-MT25-Indonesia-fuel-tank-detail

Lampu headlamp kurang MT. Ya… kalau ini deka sependapat, desain headlamp MT-25 memang kurang menarik. Bukan berarti jelek, coba desainnya agak diperkecil dan diturunkan sedikit. Akan memberikan kesan bongkok khas klan MT. Bagian buritan juga begitu, namun bukan karena desainnya jelek, tapi sama persis dengan R-25 lah yang bikin diferensiasinya kurang. Coba dirubah sedikit dari R-25, maka nilai tambah desainnya akan berbeda.

Yamaha-MT25-Indonesia-rear

Yang paling menohok menurut deka adalah di sektor mesin yang plek sama dengan R-25. Ini yang menurut deka yamaha terlalu cari aman, klan MT adalah klan yang mengagungkan torsi dan easy riding. Easy riding oke, enak banget kata om IWB, namun soal torsi? lha kok sama dengan R-25 yang sport fairing. Kudunya yamaha menggeser dari power ke torsi, power boleh dibawah R-25, namun soal torsi kudu unggul…. master of torque man…….kalau sama ya monoton of torque namanya….

Bagaimanapun itulah MT-25 yang kita terima. Apakah whorted untuk dibeli? Deka balik tanya, dengan uang 46 juta dapat motor 250 cc twin silinder, kualitas detail desain khas yamaha, mesin mantab, jaminan sparepart khas yamaha itu pantas nggak?  Kalau udah pantas ya bungkus saja, kalau nggak ya nunggu produk lain brojol terus bandingin, kan gitu to Lur?

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil