Safety Riding Suzuki Dengan Dyan Dilato : Ngebut Yang Aman

suzuki

Yola dulur yang budiman…. hari kamis ngadimin menghadiri acara yang diadakan oleh suzuki. Berlokasi di sirkuit sentul kecil, diadakan pelatihan safety riding untuk perwakilan diler dan nantinya untuk pelatihan ditiap daerah. Pelajaran Safety riding kali ini cukup unik…. Bagaimana cara ngebut yang aman. Mentornya sendiri ngga tanggung-tanggung, seorang Dyan Dilato…. dulur sekalian….

Acara ini adalah jawaban dari suzuki akan kehadiran motor gsx150 seriesnya. Walau berkubikasi 150 cc, tapi motornya kencang. Makanya perlu skill dan keahlian khusus selain mengenal psikologi jalan. Itu yang dibilang langsung oleh Pak Dyan. Apalagi sudah mulai beredarnya kabar kecelakaan yang melibatkan motor suzuki tersebut.

Acara diawali dengan pembekalan pelajaran teori dahulu yang kemudian dilanjutkan dengan sesi praktek di sirkuit kecil sentul. Walaupun cukup singkat dan meringkas pelajaran, namun poin utamanya sudah didapat. Tinggal perbanyak practice atau praktek latihan langsung saja. Safety riding kali ini emang cukup unik, karena motor yang dipakai adalah jenis sport maka safety ridingnya bukan bagaimana berkendara aman saja. Tapi bagaimana cara riding kencang yang aman.

” Ini bener-bener motor sport, jika cari aman saja ya pakai motor pelan seperti metik…atau tinggal di rumah…. Lebih aman…. “

Ya…pelajaran safety ridingnya bagaimana mengendarai motor gsx150 yang aman dan bertanggung jawab. Karena motor sport, maka bagaimana kita menguasai skill berkendara motor sport dulu secara benar. Mengenal karakter motor dari riding position sampai karakter performa motornya, gsx150. Kemudian pelajaran bagaimana handling motor sport yang benar, baru kendarai motor sport sesuai hakikatnya motor sport….motor yang tenaganya powerful.

Bahkan pak dyan bilang, naik motor sport, apalagi moge bisa kok ngebut di jalan raya….tapi bukan kebut-kebutan.

Ngebut yang bertanggung jawab, penuh perhitungan, skill memadai, dan kondisi jalan yang memungkinkan. Untuk belajar itu semua, kuncinya minimal ada 2….Nyaman dan Aman di atas motor. Kenapa nyaman dulu? Karena jika nyaman diatas motor dan saat riding, maka kita akan dengan mudah mencari keamanan saat riding dalam jangka waktu yang lama dan kecepatan yang lebih, bukan hanya aman tapi hanya beberapa saat, tidak dalam jangka waktu lama.

Memang penyampaian teorinya sangat singkat karena terbatasnya waktu. Tapi tenang, ngadimin punya kopian bahannya, yang mana nantibakan ngadimin share di artikel terpisah tentang tips-tips skill berkendara agar kita kan bisa riding secara cepat, efisien, durable, dan tentunya aman.

Setelah acara penyampaian teori, dilanjutkan dengan praktek langsung diatas motor gsx150 di sirkuit sentul kecil. Kenapa sentul kecil? Karena disitu banyak tikungan kecil dan jalan yang tidak terlalu lebar. Sangat cocok untuk berlatih tehnik berkendara motor. Yang penting skill benar dulu baru ngebut. Jika di sentul kecil saja bisa kencang dan benar, maka di sirkuit yang lebih besar tentu juga akan bisa.

Banyak sekali ilmu-ilmu baru yang membuat pemikiran ngadimin soal riding motor menjadi basi dan lebih baik dibuang. Dari penyimpulan ngadimin, belajar berkendara yang benar dan efisien itu bisa membentuk mental attitude kita. Bisa memperbaiki kepribadian kita, bahkan tidak saat berkendara motor saja, tapi dalam kehidupan sehari-hari. Kenapa? Berkendara dimulai dari otak, bukan skill riding. Perbaiki dulu pola pikir kita, perbanyak positif thinking, kenali kemampuan diri, baru belajar tehnik riding.

Diakhir acara, pak dyan dilato berpesan sebarkan ilmu safety riding ke semua pihak sebanyak mungkin. Jadikan safety riding seperti virus yang gampang menular..karena korban kecelakaan di negeri ini begitu mengerikan jumlahnya… Ribuan orang meninggal karena kecelakaan di jalan.

Untuk tips-tips tehnik ngebut yang aman kita bahas next artikel ya.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum