SAE Oli Mana Yang Paling Pas Untuk Motor Tropis?

suzuki

Yola dulur yang budiman…setelah mengenal sae dan kinematic viscosity ( silahkan cari artikel terdahulu ) kita melanjutkan ke bahasan oli mana yang cocok untuk motor daerah tropis. Kenapa? Karena kekentalan atau viscosity oli tidak baku, tapi berubah mengikuti suhu lingkungan.

Seperti yang dibahas kemarin, oli dengan sae multigrade 10,5,0w-30 saja saat pertama kali mesin dinyalakan di suhu normal kita, taroklah suhu 23°c, viscosity nya belum mencapai sekitar angka 10. Oli masih terlalu kental untuk menbuat proteksi maksimal. Perlu suhu sekitar 80-100°c untuk mendapatkan viscosity idealnya. Bagaimana dengan sae belakang 40? perlu sedikit suhu diatasnya lagi. Bisa di cek di diagram gambar di bawah.

Untungnya kita hidup di negara tropis yang soal fluktuasi temperatur lingkungan tidak setinggi negara subtropis 4 musim dimana suhu bisa dibawah 0°c sampai seperti suhu di tropis, bahkan bisa mencapai suhu diatas 40°C. Sehingga tidak begitu bermasalah dengan problem suhu saat start awal mesin. Taroklah kita suhu umumnya saat pagi adalah 20°C.

Kenapa kita fokus ke suhu awal start mesin? Karena 90% keausan terjadi saat start, dimana oli belum mendapatkan viscositas idealnya untuk full proteksi. Oli masih terlalu kental. Dan kenapa kita tidak fokus di suhu panas mesin bekerja? Karena justru oli bisa bekerja maksimal saat panas, viscosity idealnya tercapai di suhu 100°C ke atas.

Dan dulur bisa lihat diagram diatas, semua rentang sae dari 30 sampai 60, saat mesin dalam kondisi lebih dari 100°C, viscosity-nya justru semakin mirip.  Sae 20 dimana saat suhu mesin 90°c viscosity-nya sudah dibawah ideal angka 10, under protection.

Dan coba lihat saat suhu mesin belum ideal operasi, yaitu rentang suhu 95-100°C, antara sae 30 sampai 60 begitu njomplang kekentalannya, dimana sae kecil lebih encer saat suhu dibawah 95°c. Ini yang menjadi masalah besar.

Kemudian melihat suhu iklim tropis yang relatif stabil hangat sampai panas, suhu terdingin antara 20an °c, maka sae 30 dan 40 adalah yang paling mendekati atau bisa mencapai viscosity ideal 10 paling cepat. Tinggal kita mencari oli multi grade angka depan w terkecil. Bisa 5 atau 0w. Kenapa? Lihat saja tabel, angka sae depan w makin kecil, berarti oli lebih encer saat suhu belum ideal, flow atau aliran lebih lancar.

Kemudian jika anda gemar stop n go, berkendara dalam kota, beban ringan, jalan dominan landai, sae 30 adalah yang paling pas. Namun jika jalan banyak tanjakan, beban lebih berat, sae 40 adalah pilihan yang pas, dengan syarat semua perlu pemanasan mesin sampai suhu ideal dulu.

gulf oil

From SAE J300, viscosities at 212 F…

20, range – 5.6 to 9.2
30, 9.3 – 12.4
40, 12.5 – 16.2
50, 16.3 – 21.8
60, 21.9 – 26.1

Lantas bagaimana dengan sae 20? Melihat viscosity-nya yang dibawah angka 10 saat suhu mesin ideal, oli sae20 cocoknya untuk motor yang tidak pernah tercapai suhu idealnya, seperti di daerah dingin atau pemakaian jarak dekat.

Lho kenapa ada mobil honda yang rekomendasikan oli sae 5-20 atau 0-20. Well…di mobil agak beda dengan motor dimana di mobil, khususnya honda keenceran oli dibantu dengan pompa oli tingkat tinggi, sehingga walau viscosity tidak ideal namun flow oli atau semprotan oli ke komponen lebih kencang, sehingga terbantu hidrodinamic lubricationnya. Apalagi dengan sistem radiator yang diset mesin tidak mencapai 100°C sudah didinginkan. Itupun menurut ngadimin jika di suhu panas tetap lebih aman sae 30.

Lantas bagaimana dengan oli sgo dulu dimana sae umumnya 50. Oli jenis ini memang didesain belum protektif sampai suhu diatas 120°c. Sedangkan mesin motor suzuki dulu rata-rata air cooled dimana suhu mesin saat panas kurang terkontrol. Berbeda dengan mesin suzuki sekarang yang sudah mulai memakai radiator, suhu tinggi lebih terkontrol. Dan suzuki mulai mengeluarkan sgo sae 40. Jadi jika motor anda memakai oli sae 50 pastikan mesin panas baru gaspoll ya.

So….oli yang paling cepat mencapai viscosity ideal adalah sae 30 atau 40. Tinggal mencari angka depannya yang kecil biar lebih encer ya to? Itupun mesin perlu diangetkan dulu, ingat 90% keausan terjadi saat start up.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum