Rossi Menjatuhkan Marquez Dengan Cara Slightly Dirt, Tapi Legal

suzuki

Yola dulur….deka masih tertarik membahas pertarungan antara Rossi dengan Marquez di seri motogp termas de rio hondo Argentina minggu kemarin. Jalannya balapan sendiri sebenarnya kurang menarik secara umum, namun menarik bagi yang mengikuti sepak terjang valentino Rossi, dan puncaknya duel antara rossi dengan marquez. Duel itulah yang mungkin akan membuat seri argentina 2015 ini menjadi sebuah bookmark balapan motogp. Bisa disamakan dengan bookmark yang lain seperti vale vs gibernau di jerez, vale vs lorenzo, dan vale vs ┬ástoner di Laguna seca. Duel kali ini dimenangi rossi dengan cara slighty dirt….. nyaris kotor, namun masih legal atau tidak menyalahi aturan.

marquez-crash-rossi-win-_argentina

Pada artikel sebelumnya, deka memakai kata : Rossi berhasil menjatuhkan Marquez…. silahkan cek artikelnya disini

motogp-argentina-rossi-sang-gladiator

Bagi pembaca yang kritis harusnya akan bertanya, kok marquez dijatuhkan rossi? emang bukan karena jatuh sendiri? emang rossi sengaja menjatuhkan marquez? Ya…. deka mengatakan ada unsur aspek rossi dalam kejadian jatuhnya marquez…. Pertanyaan selanjutnya, kalau rossi ada unsur kesengajaan menjatuhkan marquez, harusnya dihukum dong….. Nah, kalau pertanyaan ini, menurut deka jawabannya adalah TIDAK….mari kita bahas bersama, namun ini baru dari sudut pandang deka.

Insiden jatuhnya marquez saat duel dengan vale kemarin karena ban depan marquez membentur ban belakang rossi sehingga menyebabkan ban depannya kehilangan traksi dan akhirnya sooooorrrrr………motor tergelincir, mesin stall, MM DNF. Sebagian besar pendukung rossi hanya berhenti sampai kesimpulan bahwa ini adalah kesalahan marquez yang terlalu emosi, sehingga memaksakan diri menyalip rossi walaupun line balapnya tertutup sehingga terjadi benturan. Sedangkan fans marquez berpendapat bahwa rossi berbuat curang karena dengan sengaja menjatuhkan marquez, tapi kalau kita amati secara lebih dalam, maka kita akan tahu proses terjadinya benturan tersebut…..

Nah… mari kita lihat proses kejadian itu, dan tentunya dengan kepala dingin biar analisanya jernih. Dimulai saat rossi berhasil take over marquez di sebuah tikungan ke kanan memanfaatkan kondisi marquez yang slide melebar saat pengereman menjelang tikungan. Saat proses menikung menjelang apex, marquez melakukan manuver khasnya, yaitu menyalip via dalam, walaupun line tertutup. Bukannya mengurangi kecepatan, tapi mencoba memberikan benturan pada rossi, nampak sekali bagian depan motor marquez membentur tubuh rossi. Awalnya rossi nampak terkejut, silahkan cek video di bawah ( kalau nggak diblok ama DORNA). Pada kejadian-kejadian sebelumnya cara ini berhasil membuat lawannya melebar sehingga terbuka line untuk menyalip ( silahkan googling sendiri diantaranya saat lawan lorenzo, pedrosa dan pembalap lainnya ). Kesalahan pertama Marquez.

Namun reaksi rossi adalah tetap mempertahankan line balapnya walau terkejut, kemudian doi menoleh ke arah benturan marquez secara reflex. Setelah benturan, marquez kembali melakukan kesalahan, bukannya mengurangi kecepatan, namun masih tetap berusaha menyalip. Dengan pengalamannya, melihat posisi marquez yang lemah, yaitu di belakang dan di sebelah luar line, maka rossi mencoba menggiring marquez agar lebih melebar dengan cara sedikit memperlebar dari line balap ke arah kanan. Namun responnya marquez ngga mau mengurangi kecepatan atau ikut melebar. Dia memilih mempertahankan line balapnya, walaupun sudah tertutup. Akhirnya terjadilah benturan dengan ban belakang rossi….. sooorrrrrr….. gubrak. kesalahan ke-2 yang fatal.

Ya…. cara rossi tersebut memang sedikit nakal, namun menurut analisa race director, insiden ini dianggap wajar. Kalau deka boleh menelaah, manuver rossi dianggap sah karena dia berada di posisi yang benar, yaitu lebih dulu di posisi depan. Posisi marquez lah yang lemah, seharusnya doi mencari celah lagi di tikungan berikutnya, daripada memaksakan masuk di line yang tertutup. Boleh saja hal ini ( membenturkan bodi ) dilakukan untuk rider lain, masalahnya rossi sudah kenyang dengan cara-cara nyalip dengan memaksa ala marquez ini. Dulu saat masa mudanya, rossi sering melakukan gaya menyalip marquez seperti itu ( meskipun menurut deka, cara marquez sekarang lebih kasar dibandingkan rossi muda dulu ).

Nah…. intinya, dengan segala pengalaman dan kecerdikannya, rossi memanfaatkan momentum yang sekejap itu…. dari sudut pandang fans marquez jelas ini curang. Namun faktanya race director melihat ini bukan manuver ilegal…… kalau pembelaan rossifumi garis keras sih : curang mana dengan gaya nyalip dengan menabrak tubuh lawan di depannya biar melebar?

Semoga bermanfaat

Wassalmualaikum