Rossi : Improvement Terbesar Tahun Ini Adalah Suzuki

Valentino ROSSI ITA Movistar Yamaha MotoGP YAMAHA MotoGP GP Qatar 2017 (Circuit Losail) 23-26/03.2017 photo: MICHELIN
suzuki

Yola dulur yang budiman… info dunia motogp sedang menarik. Tiap hari selalu saja ada info yang membuat ngademin mantengin kanal motogp. Pembalap dedengkot yamaha, valentino rossi kini angkat bicara setelah balapan seri perdana. Mbah Rossi bilang bahwa improvement motor terbesar tahun ini adalah Suzuki.

Lho… lho…. bukannya motor suzuki gsxrr yang dikendarai oleh Alex Rins pun Joan Mir masih kedodoran saat straight? Kita lihat bersama, bagaimana motor suzuki begitu mudah dikencingi oleh Honda dan Ducati di trek lurus kemarin?

Statment maestro, legenda aktif motogp tentu tidak sekedar mengada-ada. Apalagi ini berbeda team. Pada balapan losail kemarin, Rossi yang start dari urutan 14 bisa merangsek ke 5 besardi akhir balapan. Si Old Crack memang terkenal Sunday racer, Pembalap yang bisa merubah kondisi saat qualifikasi buruk menjadi bagus saat race sebenarnya.

Dari perhitungannya, seharusnya Rossi bisa saja podium 3. Seorang rossi yakin bisa membalap Cal crutchlow, meskipun si Brit biasa bagus di Losail. Namun Rossi bisa membalap Cal, seperti tahun kemarin. Namun ternyata ada ” Unpredictable Factor “, faktor yang tak terprediksi tepat oleh the doctor.

Menurut Rossi, Suzuki merusak skenario perhitungannya kemarin. Rossi tak menyangka bahwa menyalip motor suzuki GSXRR begitu susahnya, sehingga doi tertahan begitu lama…. bahkan seorang bocah bau kencur seperti Mir bisa mengacak-acak barisan depan. Meskipun pada akhirnya menyerah karena tak mampu mempertahankan ban. Namun itu cukup merepotkan bagi seorang Rossi…. Tertahan begitu lama di belakang Mir.


“I am happy as it was a good race but the problem is that we arrived behind Ducati, Honda, non-factory Honda and also behind Suzuki,” Rossi explained. “The problem is that Suzuki is strong here.

“Cal was very strong here last year. I was able to beat him in the fight I lost less time so more or less Cal is at the same level. But the bigger improvement is from the Suzukis.”

Rossi tak menyangka bahwa peningkatan motor suzuki ternyata begitu besar. Ya… begitu besar dibandingkan motor suzuki yang sama di tahun 2018. Tentu lompatan besar bukan berarti suzuki menjadi motor terbaik saat ini. Namun improvement atau peningkatan dibandingkan tahun lalu, dimana motor suzuki dianggap kelas medioker, kini bisa mengacak-acak barisan depan sejak start sampai akhir finish.

Peningkatan motor suzuki GSXRR memang kecil… namun di banyak sektor. Topspeed naik sedikit, akselerasi meningkat sedikit, kestabilan idem, kecepatan di tikungan juga naik, pengereman pun tambah bagus. Sedikit-sedikit namun banyak sektor. Inilah yang membuat suzuki GSXRR dianggap melompat lebih jauh. Berbeda misalnya dengan ducati atau honda, dimana sejak beberapa tahun ini memang kencang motornya.

Dan ketika melihat motor suzuki gsxrr melahap tikungan, ngademin kok jadi ingat motor yamaha pada saat jaya-jayanya rossi dulu…. Boleh memble saat straight, namun menakutkan saat menikung…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*