Ritual Yang Dilakukan Saat Awal Penggunaan Oli Mobil / Diesel Di Motor

suzuki

Yola dulur yang budiman….. karena banyak japri ke deka soal apa yang harus dilakukan saat awal-awal penggunaan oli sesat atau oli mobil baik pcmo maupun hdeo ke motor, maka dari pada deka harus mengulang-ulang jawaban ke penanya, maka sekarang deka angkat saja menjadi sebuah artikel.

mobil delvac mx di jupter mx
mobil delvac mx di jupter mx

Bukan karena deka enggan menjawab, tapi kadang gadget deka sering nggak deka lihat. Kalau lagi sibuk pekerjaan atau acara khusus, social activity gadget deka abaikan, sehingga kasihan juga yang nunggu-nunggu jawaban. Pada dasarnya deka senang dengan interaksi via japri, lebih terasa deket persahabatannya, namun banyak delay-nya saat harus ngejawab.

Untuk pemakaian pertama oli sesat karena suatu hal yang baru dan tidak umum, banyak pengguna yang was-was, motornya akan terjadi apa-apa efek penggunaan oli tersebut. Padahal banyak yang tidak tahu, pelumas ya pelumas, selama jenisnya oli mesin, bahan penyusun oli-nya sama, cuma beda kuantitas dan kualitasnya. Bahkan jaman dulu, oli cuma 1 jenis saja untuk mesin bensin, nggak dibedakan oli mobil dan oli motor. Tulisannya saja cuma bla-bla-bla…… motor oil.

Yang harus dilakukan saat awal-awal penggunaan oli mobil, khususnya oli diesel pada motor sederhana saja. Hal-hal sederhana tersebut deka coba rangkai dari awal sampai nantinya sama saja seperti penggunaan oli motor.

oli mco jarak 1000 km hitam
oli mco jarak 1000 km hitam
  • Tap Oli sampai bersih

Saat menguras atau mengetap oli dalam mesin, diusahakan sebersih mungkin. Bukan karena hal yang berbahaya, namun agar penggantian lapisan film di komponen-komponen mesin lebih cepat tercapai. Yang deka lakukan adalah mengetap oli selama 1 malam, agar oli dalam mesin ter-tap maksimal. Bongkar juga filter oli untuk motor yang dilengkapi filter oli,lumayan banyak tuh oli yang terjebak di ruangan filter oli yang nggak bisa keluar kalau cuma mengandalkan gravitasi. Cara mengetap oli sudah deka angkat di artikel ini

Ganti Oli Dalam Kondisi Dingin? Pikir Lagi Deh……

gulf oil
  • Fase Flushing

Fase flushing adalah fase dimana pertama kali saat oli mobil/diesel menggantikan oli motor anda sebelumnya. Akan terjadi efek pencucian kotoran yang menempel di dinding dalam mesin dan part-part. Begitu juga dengan pergantian lapisan oli film di dalam mesin. Lama fase flushing ini tidak ada acuan yang tetap. Semua tergantung kondisi daleman mesin anda, semakin kotor, semakin lama fase flushing, bisa 1 – 2 pergantian oli. Yang deka alami, karena pada dasarnya mesin sipiter udah bersih, flushing cuma sekali dan EOL di 3000 km penggunaan oli diesel pertama kali di motor cek artikel ini

Mencoba Sensasi Oli Diesel Mobil Delvac MX

oil_drop test

Untuk patokan dasar, fase flushing rata-rata antara 500 km- 1500 km jarak tempuh. Cek saja tiap interval 500 km, kemudian cek dengan drop tes untuk melihat kelayakan oli. Jika mesin sudah terasa nggak enak dan drop test oli harus EOL, maka gantilah dengan oli yang baru.

  • Ganti Filter oli minimal 2 kali

Saat pertama kali memakai oli mobil / diesel, ganti juga filter oli motor anda. Hal ini dilakukan untuk mencegah tersumbatnya saluran oli karena mampet di filter oli yang kotor sebelumnya. Di beberapa kejadian, setelah ganti oli mobil ke motor pertama kali, mesin hancur karena oli mampet, setelah diselidiki ternyata oli tidak bersirkulasi karena filter oli mampet karena banyaknya kotoran / sludge. Sludge ini muncul karena daya detergen atau pembersih oli mobil, khususnya diesel sangat kuat. Kotoran yang menempel di dinding mesin akhirnya ikut larut ke aliran oli, dan berhenti di filter oli.

Penggantian filter oli juga wajib saat pengisian oli sesat yang ke-2, atau setelah fase flushing. Hal ini dimaksud agar hasil saringan filter oli saat flushing segera terbuang. Sehingga oli mobil/diesel terasa benar-benar baru dan segera terasa manfaatnya. Paling aman, selama fase flushing ganti juga filter oli motor anda.

filter oli kotor
filter oli kotor

Saat awal-awal penggunaan oli sesat sering terjadi performa mesin tidak stabil, kadang lebih lemot, kadang lebih enak. Bisa juga untuk beberapa oli menunjukkan gejala mesin lebih panas di range jarak tempuh tertentu, kemudian gejala tersebut hilang. Ini semua karena fase penggantian lapisan film oli dan pembersihan kotoran mesin, sehingga mempengaruhi kenierja oli tersebut.

Cukup simple bukan ? ya….cukup mudah untuk melakukan fase transisi penggunaan oli mobil/diesel di motor. Yang susah itu merubah image kalau menggunakan oli tersebut di motor adalah hal yang lumrah… masih banyak yang menganggap hal tersebut tabu dan membahayakan mesin motor anda.

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum