Review Shockbreaker KW Merk Kawa Suzuki Skywave

Yola dulur yang Budiman… sudah diceritakan sebelumnya di artikel tentang si siwi, Suzuki skywave yang belum pernah ditilang kemarin. Disinggung bahwa Ngadimin sedang mencoba shockbreaker belakang kelas KW merk Kawa. Nah kali ini kita obrolkan review dan sensasi kinerjanya.

Shockbreaker belakang skywave ini sebenarnya hanya iseng saja saat beli. Tertarik dengan harga yang ditawarkan oleh seller toko online yang menawarkan suspensi belakang skywave yang sebarannya tidak sebanyak metik mainstream. Suspensi OEM SGP memang banyak dijual di toko online, namun after market atau KW sangat jarang.

Suspensi merk Kawa yang bisa dipakai untuk skywave, Hayate, dan Yamaha Nouvo ini dibandrol cukup murah, hanya 270 ribu sepasang. Bandingkan saja dengan SGP yang harganya 450 sampai 470 ribu sepasang. Namun begitu, dilihat dari foto detailingnya sangat identik dengan versi OEM.

Setelah transaksi dan barang sampai, packing and sangat rapih, kardus bungkus hologram dan suspensi dibungkus plastik dan Styrofoam….cukup mewah untuk harga segitu. Dan saat suspensi dilihat langsung, dari bobot, kerapihan sangat bagus, lagi-lagi identik dengan versi SGP. Ukuran panjang dan diameter sama persis, plus include karet dan cincin dudukan shock yang sudah terinstal.

Shockbreaker skywave milik Ngadimin ini sudah berumur 10 tahun, belum ada kebocoran. Hanya saja nyonyah komplain jika dipakai boncengan dengan ibuk-ibuk gendut suspensi mentok, padahal dulu nggak. Saat ngadimin jajal juga rasanya sekarang lebih empuk, mirip dengan suspensi Supra fit. Padahal aslinya agak stiff.

Setelah diinstal di sisiwi, rasanya enak banget nih shock merk Kawa. Lebih empuk daripada versi SGP. Tapi saat dipakai saat jalan solo riding tidak ” mentul-mentul “, namun stabil dan empuk saat menghantam jalan bumpie. Cukup memuaskan untuk solo riding.

Namun tak ada gading yang tak retak. Ketika dipakai riding boncengan dengan bobot total 170 kg, sangat terasa bahwa shock belakang tersebut mentok…..even jalan lubang kecil. Sangat mirip dengan shock skywave SGP Ngadimin yang sudah lemah tersebut. Ini baru harga berbicara. Soal kekuatan dan keawetan, bagaimanapun versi SGP sangat memuaskan.

Setelah diamati, walaupun punya panjang dan diameter yang sama, ulir per versi SGP punya 6 ulir yang renggang, sedangkan merk Kawa 5 ulir renggang. Inilah penyebab rasa lebih empuk namun mentok saat boncengan. Jadi shock Kawa ini memang punya karakter untuk riding bobot ideal dibawah 100 kg untuk kenyamanan dan segala Medan. Jika untuk boncengan, jalan raya masih enak, namun beresiko mentok saat jalan bumpie.

So….jika dulur ingin mengganti shock belakang skywave yang metiknya untuk beban berat, Ngadimin rekomendasikan memakai versi SGP. Namun jika hanya untuk solo riding, mencari harga ekonomis, merk Kawa ini cukup bagus sebagai pilihan.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

gulf oil