Review Oli Federal Supreme XX SAE 20-50 Untuk Ki Bagong

ane dan ki bagong
suzuki

Yola dulur…. mungkin kalau Ki Bagong pulsar ane itu bisa ngomong mungkin akan protes ke ane. Ya…. motor pulsar ane ini ibarat motor ujicoba, dari uji coba water methanol injek, dimana dulu pernah salah beli aquades, ternyata bercampur aqua zuur sehingga selama selama 5 hari mesin kemasukan air aki :D, ujicoba berbagai macam oli, sampai ujicoba kapur barus… wes jan ora tata tenan.

ane dan ki bagong
ane dan ki bagong

Khusus oli mesin, semenjak awal belum pernah namanya rutin oli 1 merk. seingat deka, begitu datang langsung inreyen pakai oli bawaan sampai 100 km, langsung ane ganti pakai mesran enduro Sae 20-50. Setelah servis pertama pakai oli bawaan, servis ke dua oli bawaan, setelah itu mulai dari enduro racing, castrol active 20-40, valvoline, balik ke enduro 20-50, Agip 20-50, dan yang terakhir federal supreme 20-50.

Nah… kali ini deka mau mereview oli yang terakhir ane pakai, sebelum ganti lagi pakai Castrol Active W20-50 yang nanti setelah pemakaian 2000 km akan deka review juga. Review ini berdasar pandangan biker biasa, pemakaian motor biasa. Tidak ada tendensi apapun, apalagi dibayar oleh produsen oli tersebut ( belum wayahnya ­čśÇ ). Hanya sekedar share pengalaman saja.

federal moto2

Oli made in nasional yang sudah mendunia iklannya karena nampang di moto2 ini ane isikan ke Ki Bagong saat KM 10.000, berhubung botolnya dah ane buang jadi pakai foto ilustrasi saja ya…Oli berwarna merah, berhubung nemunya yang 800 ml, sedangkan kebutuhan pulsar 180 adalah 1000-1200 ml, maka ane beli dua botol….. Dan sayangnya botol oli Federal nggak bisa ditutup kembali, model sekali bongkar, terpaksa sisanya pakai botol oli bekas lain. Oh iya… harga oli yang 800 ml seharga 23.000 rebong saja, relatif ringan di kantong.

Kesan setelah ganti oli dengan Federal Supreme xx 20-50 adalah mesin cenderung lebih berisik dibanding oli bawaan pulsar (United oil yang semahal 52.000 rebong/liter itu), namun tarikan terasa lebih enteng. Getaran mesin juga lebih terasa ke jok dan stang, meskipun nggak begitu mengganggu, nyatanya pernah ane bawa solo turing ┬áCirebon -Magelang dengan sukses. Namun menurut ane lebih nyaman oli bawaan, meskipun dengan oli federal ini tarikan lebih enteng sedikit. Berhubung karakter ane yang nggak suka ngebut maka, yah… sama sajalah dengan oli-oli yang lainnya… namun dengan harga yang lebih murah.

federal supreme xx

Yang paling ane sukai adalah tingkat penguapan oli Federal ini yang sangat minim, motorbuat turing jarak jauh dan untuk harian, ane selama pemakaian selama 2000 km hanya ngejok oli 100 ml. Ingat… ini pada mesin pulsar yang terkenal boros oli lho… Kekentalan juga relatif stabil, dan yang paling mengherankan, ketika sudah menempuh jarak 1000 km, warna olimasih semu kemerahan saat diintip dari jendela oli di blok mesin pulsar.

Kemampuan mesin, baik tarikan maupun power secara penggunaan biasa tidak begitu berubah dari awal penggantian sampai 2000 km, kalau nggak ingat waktunya ganti oli, mungkin ane akan pakai terus tanpa ganti oli. namun berhubung ane biker yang mengutamakan kenyaman, bukan ngebut, maka menurut ane, kondisi mesin yang lebih berisik dan getaran mesin yang lebih terasa menjadi faktor minus buat ane… ingat… buat ane… mungkin untuk biker lain ini menjadi hal yang tidak dipermasalahkan.

Sedangkan faktor plusnya adalah harga yang relatif ringan di kantong, penguapan rendah, kestabilan warna sebagai indikasi oli stabil, penurunan performa mesin yang kecil sampai 2000 km. Inisemua terjadi di motor pulsar 180, mungkin akan berbeda untuk motor tipe lain. Demikian review ane untuk oli federal supreme 20-50.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum.

 

gulf oil