Review Filter Udara Racing Merk EDAN….. Murah…..Njengatzzz

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Seperti yang pernah disinggung di beberapa artikel sebelumnya, bahwa saat acara SBM nasional di sentul kemarin, ngadimin tergoda untuk membeli filter udara untuk suzuki gsxr?s 150 merk EDAN. Bagaimana review penggunaan filter udara yang menggunakan dudukan ori filter udara motor berbagai merk tersebut? yuk kita ikuti saja, setelah terpasang di gipsy danger, filter udara dengan harga murah tersebut…. Njengatzz sodara-sodara.

Di acara tersebut, ngadimin berkeliling di stand-stand pameran. Ada yang membuat ngadimin tertarik, padahal awalnya nggak niat, karena hanya ingin beli minuman di stand sebelahnya. Namun showcase filter-filter udara dengan berbagai macam ukuran dan merk tersebut membuat ngadimin penasaran untuk mendekat, dan bertanya tentang product knowlednya ke petugas jaga.

Setelah sepik-sepik sebentar, diperoleh data bahwa filter udara merk EDAN ini adalah karya anak bangsa yang memanfaatkan dudukan filter udara original bawaan pabrik motor. Jika kita membeli filter udara racing merk EDAN, kita membawa filter udara bawaan dan ditukar dengan filter udara EDAN tersebut plus ngasih uang sebesar harga filter tersebut, yaitu 125 ribu rupiah. Ngadimin saat itu hanya beli iseng, dan bilang akan saia review di blog saia…. Eh oleh penjualnya dikasih bonus nggak perlu bawa filter udara bawaan gsx150… ya sudah…. alhamdulillah.

Filter udara racing merk EDAN ini bukanlah model open filter. Hampir sama dengan filter udara bawaan motor yang tertanam di box filter. Hanya saja bahannya bukan dari kertas, tapi anyaman stainless steel dengan ukuran tertentu. Keuntungannya adalah tidak perlu ganti, cukup dibersihkan dengan menyemprot dengan kompressor. Selama tidak ada kebocoran maka filter udara racing ini bisa digunakan sepanjang masa… tidak perlu replacing.

gulf oil

Dari penampakan kasat mata, walaupun ini filter udara rakitan yang mengandalkan box filter udara bekas, namun pembuatannya sangat rapi jali dan kokoh. Filter udara bawaan dibuang bagian plat besinya, buang kertas filternya, kemudian diganti dengan anyaman staniless steel, dan ditanam menggunakan sejenis lem yang kokoh…. well done… I like it.

Namun melihat bahan filter terbuat dari anyaman stainless, otomatis daya filtrasi tidak akan sebagus jenis kertas… inilah kelemahan filter racing dari stainless steel. Jadi masa pembersihannya lebih cepat daripada filter kertas. jadi jika anda, dulur sekalian memakai filter jenis ini, rajin-rajinlah membersihkan filter udara, bisa dengan kompressor, atau paling bafus ya rendam dengan air detergent.

Bagaimana impressi penggunaan filter udara racing merk EDAN ini? Well… karena filter udara, efeknya ya langsung terasa saat sudah diinstal. Karena terbuat dari anyaman stainless, maka sedotan udara intake melalui throttle bodi akan lebih plong, lebih lancar daripada menggunakan filter kertas. Inilah yang membuat efek langsung terasa. Yang sangat terasa, tarikan motor atau akselerasi lebih nampol, rpm lebih gampang naik, serta reaksi mesin lebih responsif. Itu yang ngadimin rasakan di gipsy danger…. jika dulur sekalian pernah memakai motor tanpa filter udara, nah….. seperti itulah rasanya filter udara racing ini.

So….. dengan harga 125 ribu+ filter udara bekas yang tak terpakai sebagai mahar tebusan, sepertinya filter udara racing EDAN bisa anda coba…

NB : bukan tulisan endorse, karena ngadimin tidak kenal dengan orang-orang dar filter udara EDAN. Barang juga dari hasil beli, bukan dikasih, jadi tulisan apa adanya sesuai testimoni setelah penggunaan.

Semoga bermanfaaat

Wassalamualaikum