Renderan Suzuki GSXR300/250 Young Machine…. Mendekati Kebenaran

suzuki

Yola dulur yang budiman….jika di artikel sebelumnya telah muncul patent atau blueprint desain motor sport full fairing kelas middleweight suzuki, GSXR300/250, maka kini muncul renderan spesialis sotoshop motor baru dari jepang, yaoung machine. Renderannya bisa dijadikan patokan awal karena tidak meleset jauh dari bentuk fisiknya nanti. Dan renderan suzuki gsxr300/250 kali ini mendekati kebenaran berdasarkan blueprint patent yang ada.

Tentang kesahihan patent suzuki gsxr300/250 itu sendiri sepertinya bukan asal isapan jempol. Bocornya karena euforia team balap rekanan suzuki di eropa sana, Team bennetts suzuki. Entah diturunkan lagi atau nggak, namun yang jelas patentnya dalam beberapa menit langsung tersebar ke seluruh dunia.

Berdasarkan salah satu gambar patent tersebut, pihak Young Machine jepang langsung membuat renderan halus Suzuki GSXR300/250. Ciri khas utama jika motor yang menyasar pasar eropa dan amerika, wajib mendaftarkan patent motor mereka sebelum diproduksi. Renderan young machine sepertinya sudah 90% mirip dengan versi produksinya nanti, tinggal detail khusus yang spesifik mungkin akan ditambahkan oleh para desainer secara fisik nyata.

Dari pembacaan gambar blueprint desainnya sih, nampaknya suzuki akan membuat motor middleweight dengan basis desain hampir sama dengan gsxr150. Bodi tidak akan mengejar ala-ala moge, namun berdasarkan motor sport balap kelas 300/250cc sesuai fungsinya. Konon powernya akan menyasar di angka 40 dk, dengan bodi slim seperti gsxr150, yang dikembangkan lewat wind tunnel. Lihat saja sektor buritan, sangat mirip dengan klan gsxr versi terkecilnya. Lekukan bodi juga minimalis mengalir agar mudah menembus terpaan angin.

Dulur mungkin heran, kok mirip gsxr150? bukannya itu disini dianggap terlalu idealis sebagai motor sport? Kurang ngepop desainnya. Benar, namun gsxr250/300 pangsa pasar utamanya akan ditujukan ke market global, dimana kelas 300 cc akan dijual untuk pasar eropa dan amrik. Disana, desain gsxr125 cc sangat bisa diterima. Motor gixxer terkecil tersebut dianggap desain motor balap sejati. Makanya pihak suzuki sangat berani memasang desain diatas.

Pihak hamamatsu cukup terkesima saat suzuki gsxr150 di Indonesia ternyata bisa dibuat lebih cantik dengan sedikit modifikasi. Mereka mengamati langsung saat even suzuki bike meet nasional di Sentul awal tahun kemarin. Ternyata desainnya sangat-sangat bisa diterima, walaupun berciri suzuki medok…. single headlamp. berdasarkan itu semua, mereka tidak perlu mendesain kelas 300/250 berbeda secara frontal. Dan dari renderan young machin, nampak bahwa desain gsxr300 berkesan elegan sporty…. tidak overkill, namun juga jauh dari kesan buruk.

So… tinggal kita tunggu spyshot versi nyatanya beberapa bulan kedepan. Dan sepertinya kita akan mengandalkan media luar untuk mengetahuinya. Maklum motor ini project hamamatsu, bukan project cakung, dadi sangat sulit untuk mendapatkan bocoran gambar.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum