Rencana Pembenahan Aftersales Suzuki Mulai 2017

suzuki

bengkel-mitra-suzuki

Yola dulur yang budiman….maaf lagi banyak amunisi tulisan soal suzuki nih. Maklum bocorannya banyak banget, saat blogger papan penggilesan ini diajak ketemuan ama para petinggi Suzuki Indonesia… XD . Kali ini soal pembenahan aftersales suzuki yang menurut rumor memprihatinkan. Apakah seperti itu?

Selama ini yang beredar di media terpublish banyak diler suzuki yang tutup. Bahkan berubah jadi salon atau alfamart 😀 XD . Memang betul sebagian ada yang seperti itu, namanya juga jaringan penjualan, kalok ndak laku dan pandai marketing ya akan pindah usaha. Dan ingat tidak semua diler suzuki itu milik suzuki, tapi investasi pihak ke2 untuk ijin jadi jaringan.

Saat bertemu dengan Pak Anu, yang dulur ingat siapa yang pernah memberikan statment fenomenal ” catat omongan saya “, deka mengutarakan kondisi riil yang beredar di media, baik sosial maupun blog soal isu aftersales suzuki motor. Beliau menyimak dengan serius dan mencatat sebagai masukan. Kemudian  beliau memberitahukan rencana kedepan akan seperti apa suzuki memperbaiki jaringan kerja dan penjualannya.

Soal diler tutup beliau tidak menampik, itu hukum alam, siapa yang tak bertahan ya akan tumbang. Untuk memberikan ketenangan pemilik motor suzuki akan aftersales, suzuki akan dan sudah mulai membentuk jaringan mitra bengkel suzuki. Bengkel motor umum yang bersedia akan diajak gabung dan menjadi mitra suzuki. Meskipun bengkel menerima semua merk motor, namun akan diberikan spesialisasi cara servis  motor suzuki.

mitra60-4

Deka juga memberikan masukan, tidak hanya sekedar bengkel mitra saja. Namun juga merekrut toko-toko sparepart untuk menyediakan part-part suzuki dengan diberikannya spanduk “toko mitra suzuki”. Selama ini deka menemui toko sparepart suzuki yang lengkap, tapi di tokonya ndak ada tulisan suzuki, hanya lambang kecil di dalam tokonya…

Sedangkan untuk jaringan penjualan motor, selama menunggu trust atau keyakinan para investor lokal untuk bergabung menjadi jaringan penjualan atau diler, kemarin ada dulur loyalis suzuki yang memberikan usul bagaimana jika suzuki memanfaatkan sumber daya yang ada dulu, seperti diler mobilnya.

Dan tak dinyana, beliau langsung kontak seseorang dan menanyakan jumlah diler mobil nasional. Kemudian dihitung berapa diler yang punya potensi untum digabung dengan diler motor? Ternyata lebih dari 100an diler mobil. Weh….. Bisa-bisa digabung nih diler mobil dan diler motornya……. XD XD .

bengkel-resmi-suzuki

Semoga saja seperti itu, penggabungan divisi mobil dan motor kan memang sudah terjadi di manajemen pusat. Jadi kalok ada penggabungan atau diler mobil merangkap motor ya kenapa ndak? Toh lebih efektif karena cukup 1 tempat….

Gimana menurut dulur sekalian? Plan suzuki tersebut sebuah kemajuan atau ndak?

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

9 Komentar

  1. kenapa gak dari dulu2? di Manokwari saja ada PT Sinar Suri, diler & 3S untuk Mobil Toyota dan sekaligus Motor Yamaha atau CV Sulawesi (juga di Manokwari) yang fokus ke Mobil dan Motor Honda.

    selain itu, ada baiknya perlu mengikuti jejak Chevrolet dan Honda yang memberikan layanan jemput bola, jadi gak perlu invest berlebih untuk ngontrak banyak tempat buat BERES, cukup terpusat di satu titik, jika ada permintaan layanan jasa servis berkala atau perbaikan, baru stafnya yang bergerak menyebar ke lokasi. 🙂

  2. Entar dealer nya makin langka.. Lha wong dealer mobil cma di kota” besar je.. Contoh bandar lampung dealer mobil ya cuma di tanjung karang pusat..
    Mosok org yg di kampung mau beli motor kudu ke kota.. Sekalian aja merantau wkwkwkwk
    Harus nya minimal sekecamatan ada satu dealer biar kecil…
    Dsain tuh benerin klo emg mau jualan..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*