Rem ABS Mubazir Di Motor Kecil? Ah Mosokkk….

suzuki

Yola dulur…. ada sebagian rekan yang bilang  saat peluncuran N-Max ABS saat itu, bilang kalau motor cc kecil pakai rem abs itu mubazir. Apalagi kini ada wacana kalau yamaha akan meng-abs-kan beberapa metik entry level mereka. Mulai gencar pula opini kalau langkah yamaha ini dianggap langkah yang mubazir.

abs

Sistem penghenti laju motor tanpa ngunci ban emang masih mainan asing di negeri ini. Kalaupun ada, hanya tersemat di motor-motor mahal bin mewah. Setahu deka, justru merk seperti tvs-lah yang memulai revolusi rem abs di motor massal alias entry level dengan memasangnya di tvs apache. Apakah ini dianggap juga langkah mubazir??

Dalam dunia “pemakluman” deka, mungkin mereka yang bilang rem abs mubazir di motor kecil karena mereka beranggapan kalau fungsi abs adalah sistem pengereman yang lebih pakem. Otomatis, motor yang membutuhkan rem abs adalah motor dengan power besar, sehingga perlu piranti pemberhenti laju motor mumpuni, abs….. Apakah seperti itu?? Deka bilang sih TIDAK.

gulf oil
rem abs
rem abs

Di mata deka, rem abs lebih berfungsi sebagai piranti keselamatan dibandingkan piranti performa. Fungsinya yang sebagai sistem anti ngelock atau anti ngunci ban berarti memberikan jaminan buat rider kalau soal penghentian laju motor lebih aman. Ban ngunci memang mengundang ancaman kecelakaan, karena akan mengganggu titik keseimbangan motor, bisa-bisa langsung ndlosor.

Motor ndlosor saat ngerem bukan hanya milik motor besar atau motor dengan performa besar, motor metik 110 cc pun bisa bahkan sering ndlosor saat terjadi panic braking atau ngerem panik. Bahkan ngerem dalam kondisi normal saja bisa berakibat ndlosor saat di kondisi hujan atau jalan berpasir. Disinilah peran fungsi dari rem abs, jauh lebih berperan sebagai fitur safety daripada performa motor.

Jadi letak mubazirnya ada dimana? Kalau mubazir dari sudut pandang pendongkrak penjualan mungkin saja ada benarnya. Tapi deka sebagai konsumen babar blas nggak ngurus soal capaian penjualan sebuah pabrikan. Lebih ngurus dari end produk yang dijual punya nilai lebih nggak buat konsumen….. Soal rem abs di motor enrty level, deka unjuk jari setuju duluan dah…….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum