Rahasia Dapur Pacu Satria FI Melonjak performanya

suzuki

satria fi new

Yola dulur yang budiman….. awalnya deka penuh pertanyaan tentang melonjaknya performa satria FI on crank yang mencapai 18 koma dk. Padahal secara karakter mesin sama, bore x stroke persis dengan mesin lawas, satria FU. Isu awalnya memang terjadi pembengkakan kubikasi untuk mengatrol performa. Setelah membaca bocoran buku manual sales satria FI, deka menjadi sedikit paham rahasia dapur pacu satria FI yang melonjak drastis, bahkan terbesar di kelasnya sampai sekarang.Awal-awalnya banyak yang menghawatirkan bahwa dengan dirubahnya sistem karburator ke injeksi akan menyunat performa si satria. Hal ini sudah deka luruskan di artikel sebelumnya, bahwa injeksi atau karbu, pabrikan bisa saja menyeting lebih powerfull, opini kalau karbu dirubah menjadi injeksi performa akan tersunat silahkan dicoret……

proyek-suzuki-satria-f-injeksi-udangnya-lebih-gurih-lho

mesin-satria-fu-injeksi

Kompresi Mesin

Meningkatkan kompresi mesin adalah cara yang paling umum untuk meningkatkan performa mesin tanpa merubah bore x stroke. Meningkatnya kompresi atau tekanan ruang bakar jelas membuat daya ledak lebih besar. Otomatis membutuhkan bbm beroktan lebih tinggi agar pembakaran sempurna. Kebutuhan bahan part yanglebih berkualitas jelas dibutuhkan untuk mengimbangi kompresi yang lebih tinggi. Apalagi suzuki punya silinder SCEM.

Sistem Pendingin

Dengan kompresi tinggi, otomatis panas yang ditimbulkan juga lebih tinggi. Jika hanya mengandalkan oil cooler, maka ketahanan mesin dianggap kurang. Maka dibuatkanlah sistem pendingin radiator, dimana kisi-kisinya lebih lebar…. maklum panasnya juga lebih, radiator kudu lebih besar…. jangan diusilin dengan pengaman radiator yang lubangnya dikit ya…. bisa overheat entar…..

Diameter Port

Port in maupun port out merupakan gerbang sistem pengaliran campuran bbm. Di satria FI diameter port diperbesar dan dihaluskan agar asupan campuran bbm lebih lancar dibandingkan versi lama. Begitu juga port out agar sistem buang hasil pembakaran lebih lancar.

Throttle Body

Throtel bodi sebagai penjaga gerbang aliran udara, kini diperbesar 6 mm menjadi 32 mm. Hal ini dimaksud agar bisa mengantarkan udara lebih plong ke ruang bakar, otomatis tenaga yang dihasilkan juga lebih besar.

satria-fu-injeksi sistem

Injector

Injector sebagai pensuplai utama bbm agar bercampur dengan udara dan dimampatkan di ruang bakar. Injektor di Satria FI ini menggunakan sistem dual spray atau 1 injector, namun semprotannya 2 arah, yaitu 2 klep in. Oleh suzuki, injektor model seperti ini adalah injektor racing GSX-R.

satria-fu-injeksi knalpot

Knalpot

Knalpot juga punya peranan penting sebagai pendongkrak performa. Di satria FI ini diameter end muffler diperbesar dari 25,4 menjadi 31,8. Otomatis sistem buang gas lebih plong, kerja mesin lebih ringan.

Itulah beberapa hal yang deka bisa kumpulkan tentang perubahan-perubahan mesin satria FI sehingga melonjak tenaganya menjadi 18,3 dk on crank, walau tanpa pembesaran kubikasi. Mungkin ada hal lain seperti setting profil cam, diameter klep, serta setting ECU. Namun hal tersebut deka belum dapat bocorannya.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

12 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*