Preview : MotoGP Thailand Sangat Layak Ditonton

suzuki

Motogp seri Thailand yang akan berlangsung besok siang bagi ngademin adalah motogp yang sangat layak ditonton.

Setelah mengikuti jalannya free practice 1 sampai dengan qualifikasi, race utama besok adalah tontonan yang sangat menarik. Bukan karena marquez bisa langsung mengukuh diri jadi juara.. No… Bukan pula karena dia jatuh 2 kali… Ini juga No….

Menarik bagi ngademin juga bukan karena layout sirkuitnya…. Ini juga bukan pertimbangan kenapa kok balapan di sirkuit Chang Buriram nanti menarik. Ketidakpastian adalah jawabannya.

Ketidakpastian siapa yang akan menang nanti adalah salah satu faktor kenapa balapan besok sangat layak ditunggu. Dari FP1 sampai qualifikasi, tak ada pembalap yang menonjol.

Apalagi sempat dihadang hujan di FP-3. Membuat hasil free practice tidak bisa menjadi acuan prediksi. Siapa yang menang nanti belum bisa ketebak merupakan daya tarik utama balapan bagi ngademin. Berbeda dengan balapan yang sangat mudah untuk diprediksi…. Elo lagi elo lagi…. Nonton balapan untuk menunggu : “Nah kan… Apa guhe bilang, dia kan yang menang?”

Belum lagi ketika ada 3 pembalap tenar yang sama-sama jatuh di tikungan yang sama… Tikungan 5 di saat qualifikasi. Ketiganya jatuhnya tipikal… traksi depan hilang dan lowside… Rossi, quartararo, marquez. Ini menunjukkan bahwa tikungan 5 itu tricky, dan kemungkinan akan memakan korban lagi ketika race. Entah mereka bertiga, atau pembalap lain.

Ketidakpastian cuaca juga menjadi dayatarik balapan besok. Apakah akan balapan kering? Atau wet race? Tentu ini juga akan menjadi faktor juga untuk menentukan siapa pemenangnya nanti.

Menariknya lagi, rombongan depan banyak berisi motor yamaha, ducati, satu honda, dan suzuki. Dari grid 5 sampai 10, jaraknya tipis. Ini akan membuka kesempatan suzuki yang start di grid 8 dan 10 untuk menyodok di rombongan depan, asal start dan putaran ke1 bagus. Alex rins yang sunday rider, dan Mir yang terus berkembang.

Kalau boleh menebak sih…. Sepertinya yamaha yang akan bertengger di podium teratas di Thailand besok…. Hanya tebakan, bukan prediksi, karena semua yang terjadi kemarin menunjukkan ketidakjelasan.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

gulf oil

Be the first to comment

Leave a Reply