Preview Motogp San Marino : Yamaha Bisa Memberikan Kejutan

suzuki

Tontonan seru para biker akan hadir kembali minggu malam nanti. Dan di seri San marino, sirkuit Misano nanti, motor-motor yamaha bisa memberikan kejutan, bahkan juara.

Kejutan, karena di seri ini, setelah vakum selama 3 minggu, yamaha mendadak menjadi kencang sekali. Entah apa yang diubah oleh para mekaniknya. Mulai dari FP1, 2, 3, 4, dan qualifikasi, yamaha menjadi rombongan tercepat. Bahkan Vinales meraih pole.

Di sesi qualifikasi, 3 motor yamaha masuk 4 besar tercepat. Selisih 0,4 detik lebih dari sang juara bertahan marquez. Cukup lebar, jika acuannya adalah seorang marquez yang hampir selalu pole atau punya margin tipis.

Qualifikasi yang dibumbui dengan drama perseteruan Tuan rumah Rossi dan marquez. Saat flying lap, marquez posisi dibelakang Rossi. Ada keuntungan…. Curi angin, dan itu tidak dilarang lho ya. Maklum marc sedang berusaha memperbaiki catatan waktunya agar bisa start, minimal grid terdepan. Biar bisa ngacir didepan saat start.

Masalahnya bukan di curi anginnya. Tapi ketika take over di tikungan ke kanan, marc langsung menghajar green zone. Dimana aturannya, catatan waktunya tak berlaku. Apalagi saat flying lap…. Game over harusnya. Namun marc tak mau mengendurkan speed dan mempersilakan rossi melanjutkan flying lap. Doi tetap ngotot didepan rossi. Dan saat tikungan ke kanan lagi rossi take over dan melambatkan speed memotong racing line marc, sehingga nyaris tabrakan. Keduanya gagal flying lap.

Ngademin tidak akan bahas insiden tersebut… Yah… Udah ketebak, paling juga cuma teguran dan racing insiden…. Meskipun yah…. Attitude….

Lebih baik bahas posibilitas team suzuki ecstar, Alex Rins dan Mir. Dari kacamata ngademin, akan susah mengharapkan Rins mengulang juara seperti seri sebelumnya. Di sirkuit Misano, catatan suzuki kurang memuaskan. Belum pernah juara sejak era 4 tak di sirkuit ini. Bahkan sekedar podium saja berat. Apalagi start dari urutan 8 dan 9, serta selisih 1 detik dari pole….. Abot… Abot….

Yang membuat semangat adalah duo suzuki tersebut membawa spirit ganbate, tidak mengenal menyerah. Keduanya push to the limit, sampai kondisi ban menghalangi mereka. Apalagi Rins yang very smooth rider dan sunday rider…. Bisa podium 3 saja, ngademin akan bertepuk tangan meriah, layaknya dia juara silverstone kemarin.

 

Be the first to comment

Leave a Reply