Preview Motogp Sachsenring 2016: Sirkuit Paling Honda

suzuki

mgpsachsenringlw7.jpg

Yola dulur yang budiman….menjelang balap motogp seri negara jerman, yang akan diadakan di surkuit Sachsenring di negara ex jerman timur ini, deka hanya bisa bilang ini sirkuitnya honda banget.

Kenapa deka bilang honda banget? Karena saxon ring semenjak dirubah di tahun 2001, motor honda merajai. Sirkuit yang terletak di daerah saxony hoffenheim ini di tahun tersebut dirombak menjadi sirkuit era modern dengan jarak terpendek dan tersempit, honda sangat merajai. Walaupun trek terpendek, namun sirkuit ini bertipe lambat. Motor dengan performa gila tidak akan keluar secara maksimal. Dan kita tahu, honda sangat jago untuk sirkuit yang mengandalkan akselerasi.

Salah satu karakter khas dan legenda sirkuit saxon ring adalah tikungan 11, atau disebut tikungan water fall, air terjun. Tikungan 11 seperti double impact bagi motor. Yang pertama adalah ini tikungan berkarakter cepat ke kanan, kemudian pembalap begitu menikung ke kanan langsung menukik tajam ke bawah karena turunan curam, makanya disebut air terjun. Sebenarnya itu bukan masalah besar, namun faktor ke2 yaitu faktor tikungan sebelumnya yang 5 kali berturut-turut belok ke kiri menjadi masalah impaksial. Setelah ban sebelah kanan ngadem cukup lama, dipaksa kerja keras di tikungan 11….. Akhirnya sooooorrr….. Banyak pembalap nyari rumput.

sirkuit-sachsenring2.jpg

Dan fakta bicara kalau semenjak era balam motogp modern, honda sangat-sangat berjaya di sini, mulai dari biaggi, dani pedrosa, stoner, marquez, menguasai sirkuit ini, sedangkan yamaha hanya menyisipkan rossi di tahun 2009. Apalagi Lorenzo, ini adalah sirkuit kuburan hohe, 13 balapan di sini, hasilnya nihil untuk juara dunia kelas premier 2 kali ini.

So…. Dengan sejarah seperti ini, potensi paling kuat yang akan menang adalah pembalap honda. Dan karena motor rcv sekarang dikembangkan untuk karakter marquez, dan daped kurang suka, maka nama pemenang akan mengerucut ke MM93.

sc.jpg

Namun ini hanya sekedar prediksi balap. Sebagus-bagusnya prediksi, masih menyisakan 10% untuk unpredictable faktor untuk bermain. Mari kita jelang balapan dimulai. Mana yang akan terjadi? Predictable atau unpredictabke yang bakal terjadi nanti malam?

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*