Preview MotoGP Amerika 2018… Pertarungan Yamaha VS Honda

suzuki

Yola dulur yang budiman….. dari empat sesi free practice dan qualifikasi balap motogp seri amerika musim 2018, Hanya ada dua pabrikan yang dominan, honda dan yamaha. Lho?? kan ada nama Iannone dari suzuki yang muncul sebagai starter nomer 3 setelah hasil kualifikasi dan dua kali memimpin free practice? Yah….. betul, tetap saja nanti hanya akan ada pertarungan honda, atau marquez dengan motor-motor yamaha.

Sirkuit COTA secara layout kata para pengamat sih banyak tikungannya. Satu putaran lapnya panjang banget, 5,5 km. Dari segi karakter tikungannya, banyak tikungan-tikungan pendek lambat, kebanyakan tikungan ke kiri… 11 tikungan dibandingkan ke kanan 9 tikungan. trek lurusnya 1, 2 km, namun sayangnya, hampir setengah straight adalah tanjakan dan tikungan buta……

layout sirkuit cota

Inilah kenapa marquez sanga-sangat dominan di sirkuit ini. Karakter dia yang agresif dilengkapi dengan motor honda yang memang ampuh di sirkuit tipe banyak tikungan lambat yang butuh akselerasi bagus. Vinales dan Rossi yang menunggangi motor yamaha juga cukup bagus karena banyaknya tikungan, sehingga motor yamaha yang memang bawaan oroknya stabil saat menikung. Hanya saja kurang banyak tikungan panjang atau tipe high speed cornering yang menjadi andalan yamaha.

Motor suzuki sendiri walaupun perkembangannya sangat bagus, masih sangat mengandalkan Iannone yang memang suka dengan karakter sirkuit cota, hanya konsistensinya yang ditunggu saat balapan nanti, karena ini bukan sekedar mencari waktu lap tercepat dalam 1 lap. Terbukti Alex rins sangat-sangat kesulitan dari awal sampai sesi kualifikasi. Selisih 2 detik lebih itu cukup-cukup mengkhawatirkan. Seperti yang ngadimin singgung kemarin. Faktor pengalaman rins menjadi kendala di sirkuit ini, berbeda dengan Iannone. Jadi sepertinya sang senior akan didepan yunior seri ini.

Bagimana dengan ducati? Ngadimin bilang, keperkasaan motor ducati di sirkuit ini hilang. Sirkuit ini begitu menyiksa ducati dengan banyaknya tikungan lambat. Ducati akan nampak perkasa jika sirkuit membutuhkan hardbreaking, long straight full power. Stright sirkuit ini memang panjang, tapi ya seperti diomongin diatas, setengahnya menanjak dan menikung buta ke kiri.  kemudian pembalap disambut dengan tikungan-tikungan pendek dimana ducati tidak bisa melakukan sliding ban belakang. Viagra pun tidak bisa menolong ducati seri ini.

Melihat prediksi gambaran sirkuit cota, maka hanya nama marquez ( yang berulah lagi dengan kelakuan buruknya dan pole positionnya diundur 3 posisi ), Vinales, dan rossi yang akan mengisi podium. Bagaimana dengan Iannone? team suzuki? urutan 4-6 saja sudah membuat ngadimin senang sundul langit… iannone 4, Rins 6….. Berat sih…. tapi apa salahnya mimpi, ya tooohh?????

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum