Penyebab Utama Mesin Klan Honda CB150 Klotok

suzuki

Yola dulur yang budiman… Masalah mesin klotok-klotok di motor klan honda cb150, meliputi CB150R, CBR150, Sonic150, dan Supra GTR memang sudah lama cenderung basi. Bahkan solusinyapun sudah bertebaran. Namun sayangnya itu hanya solusi sesaat. Mari kita obrolkan penyebab utamanya.

Dengan mengetahui penyebab utamanya, diharapkan bisa mendapatkan solusi yang paten. Bukan solusi parsial yang sesaat. Penanganan klotok, sembuh, namun selang beberapa waktu muncul kembali.

Banyak yang mengatakan bahwa kasus klotok di mesin klan cb150 karena masalah tensioner. Sehingga banyak yang menyarankan solusi untuk mengencangkan tensioner cb150.

Sembuh memang, namun menurut ngademin, itu seperti menangani orang tidur ngorok dengan menutup hidung. Ngorok hilang tapi akhirnya ngga bisa nafas. Dengan mengencangkan tensioner, otomatis rantai keteng lebih kencang, semua yang berhubungan dengan rantai keteng otomatis tertekan, suara klotok berkurang.

Namun resikonya, rantai tensioner lama-lama akan melar, suara klotok muncul lagi, dan efeknya, keausan lebih besar, dan beresiko rantai keteng putus… Efeknya lebih menyakitkan. Kenapa? Karena penyebab utamanya bukan di tensioner.

 

Penyebab utama suara klotok di mesin cb150 adalah karena keausan yang terjadi di dudukan camshaft atau noken as nya. Di dudukan poros noken as  dengan silinder head. Penyebabnya kurang paham, bisa karena kualitas bahan atau karena konstruksinya.

 

Silinder head satria FU

Ya konstruksi mesin dohc honda cb150 dengan mesin dohc suzuki, baik satria Fu, FI, dan gsx150 series ternyata berbeda. Batang poros noken as mesin suzuki diberi dudukan 3 buah, pangkal-tengah- dan depan gear noken yang diputar oleh rantai keteng. Sedangkan milik klan honda cb150 hanya 2 buah, pangkal dan tengah. Dan bentuk noken asnya beda.. suzuki noken as 2 tonjolan untuk 2 klep, cb150 1 tonjolan untuk 2 klep karena menggunakan rocker arm.

Silinder head cb150

 

Dan anehnya, kasus mesin klotok tidak mendera di motor suzuki. Padahal dohc dohc nya direct tapped dimana suara seharusnya lebih kasar dibandingkan rocker armnya honda cb150. Ini berarti ada ” sesuatu ” di sektor silinder head cb150.

Maka dari itu solusi mesin klotok cb seharusnya ada di sektor silinder head, tepatnya di sektor noken as dan dudukannya. Paling mudah ya kualitas dudukan dan nokennya dibuat lebih tinggi lagi grade nya agar keausan berkurang. Atau lebih kompleks lagi, membuat dudukan noken as tambahan ke blok mesin…. Pertimbangkan lagi menggunakan oli dengan proteksi diatas standar pabrik yang SL menjadi SM atau SN.

Untuk melihat perbedaan konstruksi dohc dohc  cb150 dan suzuki, secara jelas bisa dilihat di video bawah ini.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

gulf oil