Penyebab Internal Dan External Pedrosa Pensiun

pedrosa
suzuki

Yola dulur yang Budiman… Dani Pedrosa memutuskan untuk pensiun dari dunia MotoGP selepas tak diperpanjang kontrak dari pihak HRC. Ada dua faktor yang menyebabkan dia pensiun, internal dan eksternal.

Yang diungkapkan ke media adalah faktor internal, faktor dari Pedrosa sendiri. Namun begitulah pembalap pro, mereka akan mengungkapkan penyebab tanpa membuat kecewa pihak lain ketika bicara tentang hubungan relasi bisnis.

Padahal ada petunjuk jelas dimana keputusan untuk pensiun tidak hanya faktor Dani Pedrosa sendiri. Tapi karena tidak adanya kesepakatan dari pihak Eksternal, diluar faktor pembalap tanpa mahkota satupun di kelas para raja tersebut.

Ya…. Jika keputusan pensiun karena tekad Pedrosa dari awal, tidak akan terjadi proses negosiasi dengan team lain, serta Pedrosa sendiri meminta waktu untuk mengambil keputusan. Ini berarti sedang ada proses negosiasi dengan pihak lain dan butuh waktu sampai seri Sachsenring sekarang.

Seperti yang kita tahu, Yamaha kehilangan team satelitenya. Team Tech3 pindah naungan ke pabrikan Austria, KTM. Ada konsorsium sepang Malaysia yang ingin membuat team satelite Yamaha untuk menampung Pedrosa.  Namun menjalankan roda team MotoGP adalah hal yang tak mudah. Tidak bisa hanya bikin team dalam waktu singkat kemudian ikut lomba.

Di lain sisi, ada team baru yang ingin bermain di kelas raja MotoGP. Team Angel Nieto. Sayangnya belum menemukan partner pabrikan, padahal berisi kru, orang-orang yang paham bagaimana menjalankan balapan MotoGP. Jadilah team Angel Nieto dipinang oleh konsorsium sepang tersebut.

Jalan karir Pedrosa masih bisa berlanjut karena sudah ada team pro yang butuh dia. Sayangnya Pedrosa menginginkan motor dengan spek pabrikan, bukan spek satelite. Sedangkan team baru ini deal dengan Yamaha sebagai team satelite mereka. Dan aturan Yamaha, team satelite itu harus menggunakan motor bekas ( baru tapi spek tahun lalu, bukan spek terbaru ).

Khusus permintaan Pedrosa, sebenarnya Lin Jarvis agak melunak, Its ok pakai motor terbaru, tapi biaya sewanya sangat mahal. Lha sewa motor lawasnya saja mahal, apalagi spek terbaru? Ini yang membuat team Nieto tidak kuat bayar sewa… keinginan Pedrosa tidak bisa dituruti.

Faktor internal Pedrosa sendiri jelas….tulang belulang pembalap termungil ini sudah banyak yang patah akibat crash hebat sepanjang kariernya. Dan inilah yang diungkapkannya ke media, kenapa dia memutuskan pensiun. Cidera lah yang mempercepat dia memutuskan pensiun dari MotoGp, diumur 32 tahun.

“One way or another, I’m sure injuries speed up the process to reach this point,” he said.

“Previously, sportsmen finished their careers much earlier than now. That’s very good, but the injuries that I had sped up the process.”

Sedangkan faktor eksternal ( keinginannya tidak bisa difasilitasi oleh team barunya ) diwakili oleh statment berikut ini.

“Like I said in Barcelona, I had the feelings and more or less a clear idea of what would be my decision, but opportunity shows up and you never have to close the door in that way.

“So finally I considered the option and, with more time, it’s always better to take these decisions with the time, with your people and family, and think about a little bit longer than that.

“But finally… the feeling is the feeling.”

Sepertinya Pedrosa sudah capek untuk membangun motor baru dari nol…. Waktu dia sudah terbatas. Jadi jika tak mendapatkan motor dengan spek mumpuni, lebih baik pensiun saja.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum