Penurunan Harga Premium Adalah Akal-akalan Pencabutan Subsidi, Akan Berdampak Luas Di Segi Ekonomi

anjuran penggunaan bbm
suzuki

Yola dulur…. premium akan turun harga menjadi 7600. Namun jangan senang dulu, ini hanya trik pemerintah untuk mencabut subsidi premium disaat harga minyak dunia turun. Nanti pada saatnya maka harganya akan naik kembali, seperti barang jualan lainnya, terhantung suply and demand serta tangan-tangan besar yang berperan. Penurunan harga premium atau pencabutan subsidi minyak ini akan berdampak luas, khususnya dalam perdagangan masyarakat pada umumnya.

anjuran penggunaan bbm
anjuran penggunaan bbm

Sebenarnya kalau disuruh memilih, deka lebih suka dengan adanya subsidi bbm premium sistem fix sebesar 1000, namun yang boleh mengisi hanya sepeda motor dan angkutan yang berperan dalam niaga seperti angkot, pickup. Begitu juga dengan solar. Dengan cara ini maka harga premium tetap akan berfluktuasi namun masih ada peran dari pemerintah untuk membantu masyarakat kalangan bawah.

Motor dan mobil niaga itulah yang harus disubsidi karena menyangkut kalangan paling banyak di bumi pertiwi. Paling banyak pengaruhnya untuk roda ekonomi masayarakat. Kalau dicabut subsidinya, ini sama saja menekan perekonomian rakyat. Jangan khawatir tentang motor mewah ikut menikmati bbm subsidi, mereka sudah mulai terbentuk kesadaran isi pertamax kok.

isi premium aja ...murah
isi premium aja …murah

Dengan harga bbm yang berfluktuasi ini juga akan berpengaruh dalam perdagangan. Kalau sebelumnya ada rumor harga bbm naik, maka harga-harga akan melonjak naik. Namun dengan berfluktuasinya harga bbm, maka akan seperti mengajarkan bahwa perubahan harga bbm itu umum. Maka perdagangan akan membuat jalan baru untuk menentukan harga jual tanpa terpengaruh naik-turunnya harga bbm dalam rentan harga tertentu.

pasar tradisional
pasar tradisional

Mosok iya harga mie ayam 1 minggu sekali terkoreksi gara-gara harga minyak yang berubah? Lak yo enggak, mereka pasti akan menghitung ulang margin agar aman. Rakyat akan diajarkan dengan gaya lain dalam perdagangan. Dan ini akan berimbas kompleks lagi…. Sebuah langkah bagus sebenarnya….. Namun bukan dengan cara mencabut subsidi, namun dengan cara subsidi fix dan untuk kalangan yang posisinya strategis, motor dan mobil niaga…..

Bonus…. Bad Medicine…. By Bon Jovi

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

gulf oil

6 Komentar

  1. Kalau subsidi premium hanya untuk pengguna roda 2 dan kendaraan niaga, nanti para pengguna roda 4 pribadi teriak2 tidak adil loh om. Pengguna mobil mewah saja banyak yg isi premium.

  2. Pemeruntah hrs tegas …misal mobil pribadi atau motor >200cc wajib pertamax..
    namun di imbangi perbaiki angkutan massal baik milik pemerintah/swasta dan serta perbaikan fasilitas umum penunjangnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*