Pendekatan Desain Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki Memang Berbeda

suzuki

Yola dulur…mengamati bentuk desain mopang alias motor jepang yang dominan beredar dimarih mempunyai beragam sudut pandang.

all japan

Banyak yang memuji tiap desain motor baru yang nongol, namun banyak pula yang menjelek-jelekkan, entah karena tidak sesuai dengan sudut pandangnya atau karena suatu kebohongan. Ya…kebohongan….di dalam hatinya mengakui desain itu cakep, tapi karena tuntutan bisnis atau jualan maka yang keluar adalah sumpah serapah penjelekan. Atau bisa jadi karena bohong karena berbeda merk dengan yang dia punya, alias fanboy, sehingga terpaksa bilang jelek untuk menutupi rasa egonya.

Nah sekarang deka mau membahas perbedaan desain motor jepang itu, tanpa unsur menjelekkan ataupun unsur kepentingan bisnis. Deka membahas dari sudut pandang biker enthusias newbie dan garis desain secara holistik. Ternyata tiap merk tersebut mempunyai garis desain dasar yang berbeda-beda. Bolehlah mereka mempunyai fitur yang sama, kelas yang sama, spek yang sama…namun bicara desain… mereka punya konsep dasar masing-masing. Ini bicara produk global mereka, bukan produk lokal… dimana produk global lebih mempunyai desain yang original dari pabrik pusat mereka di jepang.

Honda-CBR1000RR-Fireblade
Honda-CBR1000RR-Fireblade

Dimulai dari motor paling laris sedunia yaitu Honda. Motor Honda kalau kita menengok sejarahnya sangat intens pada research dan penelitian karena ingin melebihi capaian pabrik toyota yang pernah menolak produk part mereka. Silahkan baca di artikel ini untuk lebih jelasnya

http://78deka.wordpress.com/2014/03/25/honda-vs-yamaha-perang-warisan/

Nah konsep ini menular ke divisi motor mereka, dimana desain motor honda mengikuti hasil pendekatan ilmiah keilmuan, yaitu ilmu fisika, dimana diutamakan fungsionalitas. Desain pendekatan ilmu itu baru dikembangkan atau dipercantik agar sesuai dengan bentuk motor. Dengan pendekatan ini maka Desain Honda cenderung tidak akan lari jauh dari pakem dasar mereka, desain mereka cenderung membulat ngga neko-neko, agar fungsionalitas tidak banyak berubah karena pengembangan desain… amati desain klan CBR dari kelas tertinggi sampai terendah mereka dari dulu sampai sekarang…. desain dasarnya sama, cuman mengikuti selera jaman yang berubah seperti bentuk lampu maupun bentuk fairing. Desain Honda tidak akan banyak dijumpai detail-detail kecil di garis desain, cenderung minimalis. Honda masih bisa menerima unsur desain lain, khususnya sentuhan eropa seperti yang nampak pada CBR600RR yang mengingatkan deka dengan motor Aprilia RS.

Honda-CBR-600RR
Honda-CBR-600RR
yamaha r1
yamaha r1

Yamaha mempunyai pendekatan yang berbeda. Dimana pada awalnya mereka mempunyai basic usaha pada alat-alat seni suara, sehingga unsur seni mereka sangat-sangat diperhatikan. Kalau diamati sejenak dua jenak maka akan ditemui banyak detail-detail kecil seperti macam-macam lubang, garis lekukan kecil tajam yang membentuk suaru aliran tegas. Ini menghasilkan desain yang agresif, racy dan khas anak muda yang punya gejolak impulsive. Kalau diamati lebih dalam… Yamaha jauh lebih keras kepala dan konservatif dibanding Honda, karena Yamaha sangat-sangat anti meniru produk lain. Mengikuti model merk lain adalah jalan terakhir yang sangat pahit buat mereka karena desakan mayoritas konsumen setia, sebab seni itu original bukan tiruan…menurut mereka. Sehingga desain mereka kadang mengorbankan atau mengurangi fungsionalitas bentuk, yang penting cakep dulu, fungsi berkurang sedikit ndak masalah….

gulf oil
yamaha r6
yamaha r6
suzuki gsxr 600 black
suzuki gsxr 600 black

Suzuki… nah untuk motor yang satu ini sebenarnya mempunyai kesan khusus di hati deka, namun secara historis ane malah kesulitan mengumpulkan data. Namun desain mereka yang paling menonjol adalah unsur berbeda dari yang lain… I’m different, out of the box, non mainstream… Itulah kenapa desain Suzuki oleh banyak kalangan dianggap aneh, atau nggak mengikuti mode masa kini. Desain merk S ini seperti dari dunia lain….dunia suzuki…. Sebagai contoh kecil, disaat yang lain bermain dengan desain lampu  dual keen yang punya dasar bentuk segi empat, suzuki bermain dengan bentuk dasar trapesium atau bentuk lain. Lihat saja desain Hayabusa atau GSX-R mereka….

suzuki hayabusa-50th-anniversary
suzuki hayabusa-50th-anniversary

Kawasaki mempunyai unsur dasar desain yang berbeda pula. Melihat latar belakang bisnis mereka yang luas dan kebanyakan di heavy industri, perkapalan dan lain-lain, membuat dasar desaian motor kawasaki cenderung kasar, brangasan, keras, macho. Kelaki-lakian sangat ditonjolkan oleh kawasaki, mewakili bisnis mereka yang keras khas laki-laki. Desain mereka keras dan kaku, kuat, atau berotot, sangat jarang memasukkan unsur feminisme atau kecantikan. Makanya sampai sekarang jarang kawasaki sukses di kelas moped alias metik dan bebek, dimana di kelas ini pangsa pasarnya heterogen pria dan wanita.

Kawasaki-Ninja-ZX-10R-at-Sunset
Kawasaki-Ninja-ZX-10R-at-Sunset

Itulah perbedaan garis desain empat motor Jepang di mata ane, blogger newbie dan penggemar motor yang punya basic orang awam. Bisa jadi sudut pandang orang lain berbeda. Nah jadi dari mana sudut pandang yang sesuai dengan anda, maka itulah desain yang paling bagus, atau cocok dengan selera anda, tiap orang pasti mempunyai selera yang berbeda-beda. Bagaimana dengan anda?? Silahkan di share….

Bonus… Love Thing by Joe Satriani

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum…

 

35 Komentar

  1. Ulasan yg bagus bro.. Cukup menarik.. 😀

    Cuma soal honda, ane perhatiin semakin kesini kok desainnya semakin aneh ya..
    Dulu pernah liat CBR600 entah yg tahun brp, modelnya racy abis..
    Semakin kesini kok, produk2 pure sport nya seperti klan CBR, desainnya seperti memaksakan unsur kenyamanan ya.. Makanya agak kurang racy kelihatannya..

  2. desain motor menurut ane setuju sm yg pny warung.
    1. honda = kalem,elegan / apalah,yg bs masuk di smua segmen,umur
    2. yamaha = sll ingin menunjukan “ini lho design gue racy,keren,spt mtr balap” . segmen nya y ank muda,kl pun org tua pst gk bgtu byk.
    3. kawak : mtr kami adl mtr sport,design pst tdk kalah sm tetangga.
    4. suzuki : kl pas yg bagus y bagus bgt,,,kl yg jelek y jelek bgt
    imho

  3. Mantap bro, teruslah berimajinasi, good job! Itulah sebabnya saya kaga demen ama Honda, hahaha… Bicara soal disain itu sama aja ama ngomongin nilai seni, ya kan? Dlm sebuah disain hrsnya ada unsur jati diri yg ingin ditonjolkan. Seperti pelukis kan punya aliran masing2. Saya setuju banget ama yg Kawasaki, emang disain Kawasaki itu heavy duty banget, hahaha…

  4. keren sekali ulasannya mas! thumb up! kaizen!! desain Nippon tidak akan berubah frontal tapi sedikit demi sedikit, berbeda dengan Eropa atau Amerika yang ever lasting

    • bener tu semua tergantung selera masing2,dan yg paling kusuka adl desain suzuki yg terkesan aneh bagi orang awam yg sukanya ikut2tan.tpi bagi q adalah suatu yg tak terlupakan & slalu ku kenang.

1 Trackback / Pingback

  1. AHM K45 : Buka Sitik Joss | 78deka

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*