Pembeda Di MotoGP 2018 Dimulai Di Qatar

suzuki

Yola dulur yang Budiman…. Jika dulur sekalian menonton langsung jalannya balap MotoGP seri Qatar 2018, maka anda pasti merasakan hal yang berbeda dibandingkan musim-musim sebelumnya. Ya….jalannya race sangat seru. Jelas ada alasan dan penyebabnya.

Yang diharapakan dari sebuah balapan MotoGP ya seperti tadi malam. Balapan menyajikan tontonan di layar televisi, penonton enggan meninggalkan depan layar teve karena nggak mau ketinggalan satu momenpun.

Balapan seru karena jarak antar pembalap rapat, kejadian take over, salip-salipan menjadi lebih sering, dan tidak hanya melibatkan 2 atau 3 pembalap saja. Tadi malam, di gerombolan terdepan ada minimal 8 pembalap beda team dan motor.

Kalau sebelum-sebelumnya terjadi duel beberapa motor, tadi malam bukan duel, tapi keroyokan, battle royal. 8 pembalap akan sangat mudah berganti posisi, lengah sedikit bisa melorot 3-4 urutan. Tidak ada perbedaan dominan antara motor pabrikan dengan satelite…. Even team kecil seperti Suzuki. Itulah pembeda MotoGP tadi malam dengan sebelum-sebelumnya.

Itulah hasil dari pembatasan dana riset team. Itulah hasil dari unifikasi, homologasi ECU, pembatasan jumlah BBM dan jumlah motor dalam satu musim. Jenjang pemisah antara team akan lebih sempit. Walaupun tetap team kaya punya posisi tawar dan keuntungan finansial dalam riset. Namun gap dengan team kecil atau satelite bisa diperpendek. Apalagi team tersebut bisa bekerja secara smart.

Yah….semoga saja sajian balap seperti tadi malam terus berlangsung di tiap serinya… Kalau kata mantan komentator MotoGP, Nick Harris : ” Its Clasic MotoGP “.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil