Part Inilah Yang Membuat Tarikan GSXR/S150 Njengat Walau Overbore

suzuki

kopling

Yola dulur yang budiman…..kalau kita melihat hasil uji akselerasi atau uji drag tak resmi antara gsxr150 dengan motor sekelas lainnya, kita mendapati bahwa akselerasi sport fairing suzuki 150 cc ini hanya kalah tak seberapa jauh, dimana untuk beberapa detik kemudian, gsxr150 mulai menunjukkan taringnya. Kita akan bahas part yang membuat gsxr150 tetap njengat akselerasinya, walau spek mesin overbore.

Sudah banyak artikel deka yang menyinggung bahwa ukuran bore-stroke akan mempengaruhi karakter mesin itu sendiri. Karakter torsi dan powernya. Secara umum mesin overbore kurang di torsi rpm awal dibandingkan dengan mesin yang strokenya lebih panjang. Tapi overbore punya keunggulan power, torsi melimpah di rpm atas. Ini sudah hukum fisika enginering…fitrah fisika.

fb_img_1481862134853

Hal ini juga nampak diuji drag gsxr150 yang unggul mulai rpm menengah atas dibandingkan dua kompatriotnya. Dengan stroke 48,8 jelas akan sangat timpang dibandingkan stroke 57,8 cbr150 atau 58,7 R15. Ini selaras dengan hasil dimana R15 unggul diawal, kemudian tipis antara cbr150 dan gsxr150…. Semua sesuai dengan karakter stroke masing-masing.

Namun herannya, selisih stroke 48 dengan 57 yang besar kok tarikan atau akselerasi gsxr150 tidak terlaku kedodoran, bahkan selisih tipis saja?….Ikeh-ikeh oke-oke….kalok dulur masih sangsi dengan hasil test gsxr150 yang cumak seuprit itu, kita pakai hasil drag combo satria fi vs sonic, dimana satria fi menang telak selama 6 sesi di artikel deka beberapa waktu yang lalu. Itu juga bisa menjadi contoh case kasus ini karena punya karakter bore-stroke yang sama. Nampak bahwa mesin satria fi yang stroke 48 hanya kalah tipis dibandingkan sonic yang stroke 57.

Apakah itu menyalahi fitrah fisika stroke pendek vs stroke panjang? TIDAK dulur sekalian….suzuki mengalami seperti itu, kalah di akselerasi karena stroke pendek. Cumak, lubang selisih tersebut ditutupi, diakali dengan pendekatan tehnologi lain. Kelemahan stroke pendek ditambal dengan part lain yang membantu akselerasi.

Skema kerja yeis
Skema kerja yeis

Part apakah itu? Well….untuk maniak mesin 2 langkah pasti akan sangat kenal dengan tehnologi tabung yeis nya yamaha, RIS ( resonator intake system) atau super induction. Di mesin 2 tak, part ini menjadi tabungan campuran bbm dan udara hasil pengabutan karburator yang bisa dipakai saat mesin membutuhkan. Kapan? Saat mesin mengalami lag antara reaksi trhottle dengan kevakuman mesin. Di mesin tanpa part ini, akan terjadi jeda respon antara putaran gas awal dengan respon rpm mesin.

Tehnologi ini menutupi kelemahan itu dengan mengalirkan tabungan bbm+udara yang disimpan di tabung itu, sehingga lag menjadi hilang, tarikan awal terasa responsive. Sistem kerja ini mirip dengan sistem kerjanya elco, atau bank capacitor di elektronik. Saat mesin berputar normal, tabung cadangan itu mengumpulkan kembali campuran bbm udara untuk dipakai saat terjadi akselerasi mendadak.

Itu kan di mesin 2 tak karburator? Sedangkan mesin satria fi dan gsxr150 4 tak, injeksi pula. Lantas cara kerjanya bagaimana? Disinilah letak perbedaannya, jika di mesin karburator tabung induksi mengumpulkan campur bbm + udara, maka di mesin satria dan gsxr150 hanya mengumpulkan udara saja. Karena campuran bbm dan udara sudah diatur oleh ecu dan injector. Dengan adanya suplai tambahan udara dari tabung induksi ini, maka ecu membaca banyak udara yang masuk, otomatis, injector menyemprot bbm lebih banyak. Otomatis energi entalpy yang terbentuk lebih besar pula, membantu akselerasi awal.

Tabung resonator satria FI
Tabung resonator satria FI

Oleh suzuki, part ini hanya disebut dengan Resonator saja. Tidak dinamai spesifik seperti YEIS, RIS, atau super induction. Mungkin karena tehnologi lama, jadi yah….efek wow nya kurang secara marketing, meskipun tetap berfungsi baik untuk mesin. Resonator ini seperti kebalikan dari SSS, suzuki scavenging system yang justru membantu di rpm atas, kalok Resonator ini membantu di rpm awal, atau akselerasi awal.

Sudah dibilang, di mesin motor gsxr/s 150 ini banyak inovasi yang ditempelin sehingga mampu mendekati performa mesin fxr tapi dengan tingkat efisiensi yang jaauuuuhhh lebih tinggi.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil