Pantesan Ada Update Stater Sistem Di GSXR150, Begini Rasanya….

suzuki

Yola dulur yang budiman… beberapa waktu yang lalu suzuki Indonesia mengadakan quality update untuk motor GSX150 series. Untuk beberapa batch awal didapati ada komponen yang menurut penelitian suzuki perlu dilakukan perbaikan kualitas. Saat ngadimin cek nomer rangka si gipsy danger, ternyata termasuk motor yang harus mendapatkan update sparepart. Namun ngadimin abaikan karena merasa tidak ada masalah. Sampai pada waktu kemarin ngadimin merasakan sendiri. Oh begini rasanya, pantesan ada quality update di sistem stater gsx150.

Ceritanya ngadimin sedang berkunjung ke rumah reman sampai malam. Saat pulang dn menstater si gipsy danger kok terdengar staternya halus sekali…. ziiinngggg……. sampai pada saat stater berhenti sendiri karena sudah menggunakan easy smart stater. Biasanya langsung jreng…. lha ini kok halus tapi mesin gagal menyala? :mrgreen: Ngadimin coba sekali lagi pencet, baru terdengar suara stater normal dan mesin berhasil menyala.

setelah kejadian itu, ngadimin berpikir, apanya yang malfungsi ya? kalau gear stater rontok, tentu tidak akan berhasil stater. Namun setelah dicoba lagi, kok berhasil? Mungkin memang benar sesuai prediksi para insinyur tester suzuki, bahwa ada part yang pada saat di titik tertentu akan mengalami malfungsi, yaitu diantara gear stater dan one way gear stater. Sesuai dengan komponen yang diupdate tersebut. Kemungkinan sistem locknya sudah lemah sehingga kadang nyantol kadang nggak.

Langsung hubungi Halo suzuki , dan diterima dengan ramah oleh operator, kalau tidak salah namanya “Ajeng “. Dan dari suaranya sih kelihatannya cantik  😆  😆 , namun bukan itu… tapi pelayanannya sangat memuaskan, setelah memberikan identitas motor dan soal quality update langsung diminta mau diperbaiki di bengkel mana. Karena posisi di bogor, walaupun plat motor asal cirebon, maka ngadimin pilih ke bengkel Parung saja. Dan setelah pihak bengkel dihubungi oleh mereka, ngadimin ditelfon balik untuk berhubungan langsung dengan diler parung.

Kini tinggal menunggu komponen datang, dan ngadimin akan dikontak oleh diler parung untuk diganti komponen tersebut secara gratis saat komponen sudah dikirim oleh suzuki pusat. Sampai saat ini sih si gipsy danger masih bisa jalan normal, walau kadang mengalami miss stater, namun tidak sering.

Beginilah pelayanan sebuah pabrikan motor, secara jujur memberikan jaminan bahwa motor yang dipakai konsumen tetap baik, dipantau dan dilakukan perbaikan gratis jika mengalami defect. Meskipun hanya pabrikan motor dengan kue pasar dibawah 3%. Kesempatan ini juga ngadimin gunakan untuk servis rutin, pemasangan beberapa modifikasi, serta penggantian oli mesin…. maklum, sudah setahun kurang beberapa hari oli mesin belum pernah ganti…..maklum sesat  :mrgreen: .

Jadi bagi penggunak gsx150 series batch awal yang termasuk dalam quality update, segera daftarkan agar tidak terlalu lama menunggu giliran ya…. jangan menunggu kejadian. Percayakan pada insinyur suzuki dah.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum