Pada Dasarnya Sparepart Suzuki Itu Murah, Tapi….

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Bicara harga sparepart motor suzuki itu, pada kenyataannya umumnya murah. Bahkan banyak item yang paling murah dibandingkan sparepart merk Jepang lainnya. Tapi, pada kenyataannya bisa lebih mahal karena sebuah permainan.

Harga sparepart mahal memang sedang ingin dikikis oleh SIS. Jika dulu sparepart didatangkan dari Thailand dan Jepang, kini banyak bagian sudah dibuat lokal melalui pihak vendor. Ini sebuah fakta yang masih jauh diterima oleh publik motor.

Niatan sih sudah ada dan bagus. Pelaksanaan juga sudah dilakukan. Tapi masih jauh dari target awal, yaitu merubah mindset sparepart Suzuki itu mahal. Selain soal ghoib bernama “mindset” dengan ribuan jampi-jampi nya, aksi nyata pihak SIS sendiri juga masih banyak yang harus diperbaiki…. Maaf nih, deka nyinyir kali ini.

Apa yang dibilang oleh TRM di status FB nya memang menurut Ngadimin ada benarnya. Saat ini pendistribusian sparepart Suzuki masih kacau. Di lain sisi ketersediaan di bengkel resmi belum lancar, tapi di toko sparepart justru ada. TAPI HARGAnya LEBIH MAHAL DIBANDING KOMPETITOR.

gulf oil

Hal ini karena sparepart bebas di pasar dikuasai oleh “oknum” yang memang mengambil keuntungan dari mindset sparepart Suzuki itu mahal. Padahal dia ambil dari vendor murah….jual paling mahal, untung berlipat-lipat. Makanya dari pengalaman Ngadimin, lebih murah beli sparepart Suzuki di beres daripada di toko umum.

SIS harus menyelesaikan permasalahan ini. Tidak etis Ngadimin memberikan masukan secara detail. Karena bagian logistik SIS tentu lebih piawai. Namun dari latar belakang Ngadimin yang pernah jadi marketing produk farmasi, ada hal yang salah di pendistribusian sparepart Suzuki… Termasuk di beres/Diler juga terlibat.

Dulu Ngadimin juga pernah yang namanya bikin forecast, stock opname tiap cabang kantor. Perusahaan “kecil” saja melakukan restocking antar regional biar ketersediaan barang di tiap unit selalu ready….  Itu sekedar contoh.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum