Opini : Suzuki Shogun 150 ? Keruuh….Mending Shogun 125 Atau Titan 125

suzuki

suzuki-shogun-150

Yola dulur yang budiman….. untuk menegaskan bahwa suzuki mau niat lagi jualan motor di negeri yang seleranya susah ditebak ini, rumornya akan menambahi line-up produknya. Salah satu selentingannya adalah suzuki shogun 150. Apa?….tenang……baru selentingan kok. Tapi menurut deka, itu bisa dikoreksi, misalnya lebih baik shogun atau Titan 125.

Setelah mengatakan bahwa jaringan diler dan servisnya akan dikembangkan lagi, suzuki mulai memikirkan line up produknya. Mosok cumak mo jualan satria, gsxr, gsxs, dan address? Kurang banyak dong….. Mungkin itu yang dimintak oleh para dilernya ( padahal jualan 4 item itu juga lom tentu maksimal : D ). Namun penambahan senjata jualan juga langkah yang bagus…….asal jeli dalam memilih line-up produk.

Dalam segala keterbatasan resource, baik kapital maupun jalur produksi, pemilihan produk yang dibuat menjadi kunci efisien dan strategik. Salah ambil keputusan, bakalan berefek pada buang-buang tenaga dan uang. Kalok modal tak terbatas sih ndak masalah, produk ndak laku tinggal bikin produk lain. Lha kalok modal terbatas…..gali kubur namanya.

shogun-125-sp-1

Bicara bebek shogun berarti bicara bebek melegendanya suzuki, brand image terkuat bebek suzuki itu adalah Shogun. Jika diproduksi kembali, segmentasinya kudu tepat. Sekali nyemplung susah untuk direvisi. Shogun yang terkenal adalah bebek 125 cc. Bagaimana jika nanti dibuat bebek super 150 cc seperti yamaha mx king dan honda supra gtr 150? Bisa saja lha wong punya mesin satria fi yang notabene 150.

Namun sebelum melangkah, kita lihat pasar bebek ( plus ayago ) tahun 2016 di bawah ini

Honda Supra X 125 FI  120.482 unit
Honda Revo  92.193 unit
Yamaha MX-King  68.785 unit
Jupiter Z1  57.153 unit
Suzuki Satria F150  39.465 unit
Honda Sonic 150R  37.695 unit.
Honda Supra GTR  32.820 unit

 

Total jendral, justru bebek konvensional lah yang lebih lebar segmentasinya dibandingkan ayago, atau bebek super. Di situ ada jupiter z1, supra series, dan revo. Kalok bicara probabilitas, jelas kelas bebek konvensional ini suzuki lebih aman untuk bermain kembali. Tinggal pilih shogun atau Titan…….

smash fi
smash fi

Langsung saja main bebek 125 cc….Di kelas ini publik mencari bebek yang reliable, serbaguna, bandel, irit, dan kompromis segala medan jalan. Shogun 125 memenuhi segmentasi ini. Tenang, meskipun total motor moped hanya 11% penjualan motor nasional, tapi pasar sempit ini selalu ada kebutuhannya. Salah satunya ya armada ojek yang sedang booming bisnisnya.

Jadi menurut deka, bebek konvensional seperti shogun 125 atau titan 110 lebih tepat daripada bebek super 150. Bebek super memang menang gengsi, tapi segmentasi sempit dan kita lihat bagaimana supra gtr yang belum plong napas penjualannya menjadi pelajaran penting untuk suzuki dalam memilih line-up produknya.

Pilihannya cumak 2…. Berhasil atau masuk kubur…….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

21 Komentar

    • Kayanya kerja 2 kali kalau mau fufi plek turun bore ke 125. Soale ada mesin gsxr125 itu mesin 150 yg sekarang tapi yg didown itu strokenya, kerja 2kali juga kalau dikasi bodi bebek, bebek ga guna kalau harus menggerung rpm tingggggi kalau buat harian. Lebih hemat kembangin mesin shogun 125 yang itu aja, mungkin kasi oil cooler kalau mau sadis dikit.. masi memenuhi kriteria bebek tuh. Imho

  1. Awas kalau mau main di 125 super, salah harga ntar orang mikirnya mnding mxking karena harganya termasuk murah sih. Mending hajar kelas 110/115 menurutku, soalnya disana produk tua semua.. pabrikan sebelah kayanya lagi ga kepikiran main kesana.. dan kalau harga bagus, bukan ga mungkin laku banyak.. ojekojek onlen kebiasaannya pake motor entry level toh, bisa bidik mereka.

  2. ane setuju bebek 125cc pake mesin gsx125. referensi desain bodinya satria ru120. terserah mau yg hiu ato lumba2.
    kalo bisa agak oldschool dikit gpp(lampu+sein depan menyatu di batok kepala).

    tapi harga di bawah mx king.

  3. ini nih yang dilema, mau, pasar lumayan stay di cc 125 lawan Supra X125, mau pride ya 150 bebek super sesuai dengan harapan mayoritas fansboy Suzuki
    kalau saya pribadi ya tetep pride, pelajari kelemahan rival (MX King dan Supra GTR) jadikan kelebihan walaupun tar pasarnya dikit wkwkwkw

      • kan seperti seblm2nya, ada 3 tipe:
        -Shogun R: cakram depan doang
        -shogun RR: double disk break
        -shogun SP: double disk break + manual clutch.
        opini ane sih bidik bebek sport (bukan yg lain seperti H yg bidik bebek adpentur), cangkokin mesin fufi (seperti Y & H yg pakai 1 mesin untuk beberapa model)
        nah varian sport kan udah pake mesin fufi yg di tune ulang jd lbh powerfull, tinggal bebek supernya nih pakein mesin safufi & jgn di dongred tp plek plekan az..
        jd PRnya skrg tinggal gmn desainnya az, bikin lbh gagah & ganteng dari mx king (target utamanya kan mx king) coz pemimpin pasarnya kan mx king…
        aduh maaf jd kepanjangan..
        Imho

  4. Pake nama smash atau shogun aja. titan/shooter gak menjual menurutku. shogun rebornn125 buat hantam suprax, smash110 hantam vega sm revo. Kalo mau bikin bebek super150cc kopling manual design yg sporty, jangan nyeleneh khas suzuki wkwk buat flagship. kalo bisa bikin kenapa gak ? punya basic mesin fufi.

  5. Kalo kata gue mending shogun di upgrade aja buat head to head ama supri gtr mxking, nah yg main di 125 buat head ama supra x125 mending pake nama smash aja secara ya kan shogun smash lbh me masyarakat namanya ketimbang shooter.
    Yg penting tampang di bikin lbh oke ama kualitas suzukinya jangan sampe lepas meski main di segmen kecil sekalipun.

Leave a Reply