Oli Rantai Tahan Air Made in Sendiri

suzuki

Yola dulur yang budiman….. musim penghujan memang mempunyai efek bermacam-macam terhadap motor kita saat dikendarai. salah satu yang terkena efeknya adalah di sektor penyalur tenaga dari mesin ke roda….. rantai untuk motor nonmetik. Karena cipratan air dan genangan air, maka oli rantai akan cepat menghilang, bahkan bisa membuat rantai motor kita menjadi berkarat. salah satu mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan oli rantai tahan air atau waterproof.

oli rantai anti air bikinan sendiri
oli rantai anti air bikinan sendiri

Oli khusus rantai yang dijual dipasar umum memang banyak keunggulannya, dari pemakaian yang praktis tinggal semprot, sampai tak berwarna sehingga unggul secara estetika. namun kelemahan yang paling mendasar adalah fakta kalau oli khusus rantai tersebut mudah hlang, apalagi saat tersapu air hujan.

Memang ada oli khusus rantai yang waterproof karena sudah mengandung wax…. sayangnya harganya terlampau mahal. Lha wong yang oli rantai tanpa wax saja menurut deka masih kemahalan. Sebagian biker memang ada yang mengakali dengan pemberian oli mesin atau oli gardan untuk rantai motor, namun saat musim hujan, daya tahannya juga berkurang.

chain wax
chain wax

Nah…. untuk mngakali harga oli rantai yang mahal, apalagi yang waterproof, deka akali dengan metode TePOK… The Power Of Kepepet. Bikin sendiri oli rantai yang efeknya rantai bersuara senyap, serta lebih tahan air saat kondisi hujan. Bahannya cukup murah karena deka menggunakan bahan-bahan sisa, kecuali lilin yang deka beli dari warung. Kalaupun membeli semua, secara hitungan juga akan jauh lebih murah karena akan dihasilkan oli rantai sebanyak 1 liter lebih.

Bahannya hanya berupa Lilin batangan, Oli Gardan, Dan oli mesin, kalau sempat, bikin┬áserutan karbon pensil, namun deka nggak lakuin. Gimana cara buatnya, kita sambung artikel berikutnya, sekalian bahas cara pakainya. Sabar ya Lur…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil