Old Vixion Reproduction : Yamaha’s M.O.

(old vixion)
suzuki

Yola dulur…. kali ini saia dapat inspirasi (halah) dari artikelnya om IWB (lagi), yaitu soal yamaha yang memproduksi ulang old vixion di bulan maret ini.

 

(old vixion)
(old vixion)

Motor yang disebut sebagai the giant killer ini memang fenomenal dari sisi penjualan dan penggemarnya untuk kelas motor sport. Rerataan penjualan perbulan diatas 30.000 unit (cmiiw), jauh melampaui ketenaran motor sport-motor sport sebelumnya. Setelah kemunculannya sejak 2007 lampau di tahun 2012 akhir (cmiiw) secara perlahan diganti oleh New Vixion Lightning, meskipun yang old vixion masih tersedia di diler, dan di tahun 2013 kemarin yamaha mengeluarkan statmen kalau old vixion di stop produksinya.

Namuan… di bulan maret 2014 ini saia mendapat info kalau old vixion di produksi lagi. Wow langkah yang menurut saia adalah langkah yang aneh. Biasanya Produk yang dimatikan kemudian di-reborn setelah beberapa tahun,vlha ini belum ada setahun pensiun kok di-reborn? Apakah karena peminat old vixion masih tinggi? atau kurang maksimalnya hasil shifting demand dari old vixion ke NVL? atau karena faktor kompetitor?

(old vixion)
(old vixion)

Kalau dari sudut pandang bike enthusias biasa, ordinary biker kaya saia, mungkin sebab utamanya karena Desakan kompetitor yang semakin mengancam di segmen sport secara umum. Ya… mungkin untuk per tipe unit yamaha masih bisa jumawa dengan NVL yang memimpin pasar. Tapi bicara “market pride” di kelas motor sport, honda sudah sangat mengancam dengan selisih yang semakin tipis…setipis kulit bawang. Secara profit mungkin ngga begitu terasa, tapi dari segi image kumpeni ke depan….woooo…bisa bahaya…gaswat bin danger….

Memang honda bisa mendekati penjualan di segmen sport melalui taktik keroyokan. Memperbanyak amunisi, berbagai series seperti CBSF, NMP, Verza, CBR150, CBR250 digelontorkan ke pasar agar penjualan motor sportnya “nampak” besar. Berbeda dengan yamaha yang hanya mengandalkan NVL, dan Byson yang produksinya seperti hidup segan mati tak mau. Terlihat ndak fair memang…tapi di bisnis, itu ora urus, salahe dewek nggak punya amunisi yang banyak. Di dunia bisnis jalan apapun akan ditempuh demi tercapainya target, yang penting laku, laris…titik.

Memang sebentar lagi yamaha akan mempunyai amunisi yang baru, R15 dan R25, tapi kapan? bulan depan, 3, 4, 5, atau akhir tahun? entahlah. Sedangkan kompetitor terus mengancam, ancaman nggak bisa menunggu sampai beberapa bulan ke depan. Sedangkan di lain sisi yamaha membutuhkan amunisi lagi untuk mengatasi gempuran honda, nah sepertinya yamaha memanfaat serdadu yang barusan pensiun, tapi punya trek record ” Mission Accomplish “, si old vixion, toh modelnya ngga out of date.

(winger)
(winger)

Nah… menurut tangkapan saia, yamaha seperti menugas-ulangkan si old fashioned vixion untuk sekedar membantu penjualan sampai datangnya amunisi baru. Disini saia berpendapat pihak yamaha lagi kalut terhadap serangan honda, dan akhirnya membuat strategi sampingan dengan menggunakan sumber daya yang ada. Saia terus inget dengan beberapa penggalan bait lagu grup rock Winger berjudul Down Incognito :

My monkey’s M.O.

It’s out of condition

I’m waiting for good old fashioned

Cure for my condition

Cause I’m out of charm

And I’m out all money

Hangin down incognito

Waiting for summer shine

Ini hanya sekedar opini pribadi, soal bener dan enggaknya hanya pihak Yamaha yang tahu pasti.

Ini untuk yang pengen liat video clip lagu tersebut :

http://www.youtube.com/watch?v=-o9eFj4dhZc

 

So… Old Vixion layak diproduksi ulang? THINK AGAIN…

Wassalamualaikum…

gulf oil

10 Komentar

  1. Menunjukkan bagaimana frustasi dan kalutnya yamaha melihat benteng sport mereka mulai digebuk ama ahm mas

    Tahun lalu selisihnya masi jauh, awal taun ini sempat disalip dan bulan kemarin hanya unggul tipis

    Bener2 menunjukkan kegalauan kayak kasus mio dulu yg dihancurkan beat+vario

  2. Opini aja, YIMM gx usah kalut mas broo, tetap jaga kualitas, dan itu akan terbukti 5tahun ke depan kualitas produknya dibanding kompetitor… Kalopun harus di reborn selipin RDB di OV, mantap tuh, balu H2H ama NMP+verza, “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮

Leave a Reply