Offset Cylinder/Offset Crankshaft…..Makanan Apa, Milik Siapa?

suzuki

Yola dulur….. Sering kita mendengar tentang offset silinder, atau offset crankshaft di beberapa artikel di warung-warung dulur blog lainnya. Khususnya saat R25 mengangkat kembali tehnologi ini, banyak yang mengangguk-angguk, namun banyak pula yang mencibir bahwa ini adalah tehnologi kuno yang sudah dipasang di motor bebek, bahkan ada yang mengklaim kalo offset cylinder ini milik merk motor tertentu…. Yang sekarang mengaplikasikannya dianggap ketinggalan jaman. Yup….. Mari kita obrolin saja, sebenarnya offset cylinder itu makanan apa, terbuat dari apa dan milik siapa… Barangkali bisa dibuat sendiri dengan bumbu dapur dan gilingan daging di rumah ūüėÄ .

offset cylinder
offset cylinder
Offset cylinder atau bahasa aslinya,bahasa prancis adalah desaxe cylinder sendiri merupakan tehnologi yang tercipta atau dipatenkan ¬†di tahun 2000an awal. Ide awalnya digunakan untuk mesin dengan jumlah silinder lebih dari satu, atau mesin multi silinder. Kemudian booming lagi istilah offset cylinder atau offset crankshaft saat Honda memperkenalkan CBR 250-nya. Desaxe sendiri artinya “Unbalance” atau tidak seimbang, lihat saja gambar diatas, desain antara ruang pembakaran dengan rumah crankshaft dan roda gila tidak segaris. Desain menempatkan piston ke sisi garis tengah engkol, menciptakan jalur lurus untuk batang penghubung selama ¬†langkah power dalam mekanisme mesin 4 tak¬† dan mengurangi tekanan ke¬†¬†samping pada piston yang meluncur naik dan turun dalam silinder. Ini berarti kerugian ¬†gesekan antara piston dan dinding silinder berkurang dan gerak¬†lebih mudah untuk piston dan batang piston/conroad, sehingga¬†dapat dibuat dari bahan yang lebih ringan, dengan tujuan¬†¬†mengurangi reciprocating massa.

Sebenarnya, “teknologi” adalah sesuatu yang keliru. Silinder Offset telah ada selama mesin pembakaran internal. Tidak membutuhkan material part¬†baru yang radikal atau mengetahui bagaimana untuk mengambil keuntungan dari silinder offset, hanya rekayasa mereka ke mesin baru, sedikit menggeser jalur piston dan conroad.¬†Konsepnya adalah kesederhanaan itu sendiri. Dalam mesin ¬†konfigurasi¬†normal, Conrod posisi¬†di sudut, mendorong piston terhadap dinding silinder. Peningkatan gesekan melemahkan daya dan memerlukan komponen kuat, meningkatkan reciprocating massa, yang juga membuang-buang energi selama power¬†stroke, juga mengurangi daya. Reposisi silinder (CBR dan Ninja memindahkannya ke depan beberapa milimeter) dan Conrod yang sekarang perjalanan lurus ke atas dan ke bawah selama power¬†stroke.Yolaaaa, daya dorong¬†piston ke samping berkurang dan karena itu gesekan menjadi berkurang. Akibatnya, panjang ¬†piston dapat dikurangi dan ukuran batang, piston dan bantalan juga bisa menurun.

gulf oil

Keuntungan utama yang diambil bukan efek gesek yang lebih minim saja, namun jauh lebih banyak banfaatnya lagi adalah menjadikannya part-part piston set menjadi lebih kecil, pendek dan ringan, mesin menjadi kompak,. sebuah syarat mutlak untuk mesin yang efisien. Kalau hanya gesekan yang berkurang bisa saja cukup digunakan lapisan pelicin di dinding silinder. Apalagi jika dikombinasikan antara kedua tehnolgi ini. udah ringan, minim gesekan. Ya….. untuk mesin multi silinder dengan mengaplikasikan offset crankshaft membuat mesin lebih kompak, kecil, tidak memakan ruang, fungsi inilah yang diambil oleh motor Horex VR6…. bukan soal minim gesekannya.

hrex v6 mesin
hrex v6 mesin

Dengan keuntungan offset cylinder yang membuat mesin menjadi kompak karena piston set bisa dibuat lebih pendek dan ringan inilah membuat kedepannya bisa diaplikasikan ke semua motor…. Lho……lho…… ke semua motor???? emang tehnologi ini milik siapa kok asal pake saja. Yups….. tehnologi ini sebenarnya bukan milik pabrikan tertentu, dari daftar patent USA, tehnologi ini didaftarkan oleh pak Edward A. Garvin tahun 1998. So…. pabrikan motor atau mobil manapun boleh menggunakannya…… asal bayar hak patent tersebut ke yang bersangkutan. Jadi intinya tinggal mau bayar atau kagak untuk mengaplikasikannya ke motor produksinya, bukan soal siapa yang duluan pakai atau lebih cerdas merk anu karena udah pakai offset cylinder, sedangkan merk itu belum pakai…… tinggal mau bayar patent atau kaga……..

Nggak mengherankan kalau mesin bebek sekelas karisma atau supra mengaplikasikannya, karena sangat mudah , khusus mesin bebek dengan posisi mesin yang tidur. Namun bukannya tanpa kelemahan offset cylinder ini, efek utama yang tidak mengenakkan adalah getaran mesin yang lebih besar dibandingkan yang konvensional. Power stroke (langkah tenaga) membutuhkan waktu lebih lama, yang baik untuk mesin dengan karakter rpm tinggi karena memungkinkan lebih banyak waktu untuk pembakaran yang efisien, tetapi juga membuat pengendalian getaran lebih sulit karena secondary out-off balance kekuatannya menjadi lebih kompleks dan asimetris. Stroke lebih panjang mengharuskan daya stroke membutuhkan lebih banyak waktu.

Bonus…….. Winger…….. who’s The One….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

8 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*