Njajal Suzuki Address : Ngowoh Tenan…Jebul Uenaaakkkk

suzuki

img_20160904_170014

Yola dulur yang budiman….beberapa waktu yang lalu, deka berkunjung ke kediaman dulur blogger choiril huda alias orongorong.com . Ndilalah kok ya pas ada suzuki address yang sedang ditestride, ya deka ikutan njajal lah. Dan bagaimana impresi metik entry level produk global suzuki ini? jebul bikin ngowoh tenan Lur…. jebul uenaak tenan….

Mungkin deka dianggap lebay… tapi itulah impresi saat deka jajal itu metik. kebetulan deka mateng dengan metik-metik tetangga, bahkan 1 minggu sebelumnya lagi testride new honda beat teranyar. Deka nggak usah ngebandingin ya… ntar ada yang sakit hati XD . Suzuki address warna putih elegan yang deka jajal merubah mindset apa itu yang namanya metik nyaman.

img_20160904_170006

Di depan stasiun duren kalibata, deka langsung nyambar kunci metik 110 tersebut. Setelah kontak on, tombol stater deka pencet dan mesin menggerum halus…..sampai disini deka sudah mulai angguk-angguk kepala…. alus bener suaranya.

Setelah itu gas deka pelintir ala rider kommuter, biasa saja, nggak langsung gas pol…. metik langsung jalan mengikuti deruman mesin. Kalok metik yang deka kendarai sebelumnya mesin menderum dulu baru jalan, si address ini motor jalan mengikuti deruman mesin…. nggak pakai ngeden dulu, plintir gas langsung jalan…. Bukannya tarikannya agressive, tapi smooth, halus mengikuti rpm mesin….lagi-lagi tarikannya alus bener……

Setelah itu deka coba gunakan untuk meliuk-liuk dengan kecepatan sedang, sekitar 40-50 km/jam, metik sangat nurut diajak bermanuver. sensasinya sangat ringan dan lincah, beda sekali dengan si siwi skywave deka yang agak celeng. Miring dikit, address langsung merespon, nikung nggak perlu effort lebih…. cocok untuk berkommuter ria di dalam kota dan dipakai oleh kaum hawa nih.

img_20160904_170111

 

Untuk suspensinya, deka coba untuk melibas polisi tidur, dan hasilnya…. suspensi sangat baik meredam benturan. Bukannya empuk sampai mentul-metul, tapi juga nggak sekeras metiknya yamaha…. ibarat minuman, manisnya pas….Setelah melibas beberapa polisi tidur, gas langsung dipetot agak dalam. address merespon dengan sangat baik, tarikan enteng, halus tapi selalu ngisi. Tidak agresive menghentak-hentak sih, tapi mesin yang selalu ngisi powernya mengikuti putaran gas ini yang deka suka….responsive.

Dari awal stater sampai selesai ngetes, suara mesin nagat halus, minim getaran. entah resep apa yang dipakai oleh suzuki di address ini, kehalusan respon dan suara mesinnya membuat deka geleng-geleng kepala. Kalok si siwi sehalus ini mah deka nggak akan melirik motor lain lagi… XD .

img_20160904_170229

Bagaimana dengan built quality address? well…. khas suzuki…. semua terasa padat, manteb, prengkuh. Cat mengkilap dengan sedikit kerlip-kerlip metalik, plastik lumayan tebal, finishing rapi, sambungan antar part bodi rapat. Contohnya saja bagian velk, meskipun merk china, JINFEI, tapi asli rapi jali, dan daging velknya tebal. pinggiran velk juga mulus rapat.

img_20160904_170300

Konsol speedo sangat mudah dibaca, walaupun secara visual deka anggap standar, cenderung culun…. nggak ada kesan wow….suzuki lebih mementingkan fungsi mudah baca saja tanpa sentuhan artistik lebih. Menurut deka sektor ini juga perlu dipercantik lagi dengan variasi ornamen.

img_20160904_165956

Untuk menunjang fungsionalitas, bagasi address sudah sekelas kolam bayi, fitur bagasi lebar yang sudah diterapkan suzuki sejak skywave 2007 dulu….dan sektor under jok, atau dibawah jok ini juga mendapat sentuhan detail….. rapi jali Lur, dengan lapisan cover plastic.

img_20160904_170014

Selain konsol speedo, menurut deka yang perlu dipercantik lagi adalah bagian headlamp. Bukannya jelek, karena itu relatif, tapi dipercantik lagi agar punya kesan wow. Karena model yang sekarang nampak “njenong” , kalok dibuat lebih cantik maka akan mempunyai penilaian tambahan. Selain itu fitur side stand switch juga absen, padahal di skywave 2007 malah sudah ada. Harusnya fitur ini tetap dipertahankan di address.

img_20160904_165947

Over all, untuk metik dengan bandrol under 15 juta, suzuki address memberikan 1 paket yang lebih dibandingkan metik lain dengan harga sekelas. Kehalusan respon, suara mesin, kerapihan, built quality motor menjadi unggulan utama metik ini. Kecuali ¬†anda termasuk golongan yang ingin diler dan bengkel resminya menjamur, buka pintu rumah ada dilernya, silahkan coret metik global ini. Bagaimana dengan biaya onderdilnya? kalok sama-sama original, nggak jauh beda kok…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum