Nikasil Silinder CBR250RR Obat Pintar FBH Ortodox

suzuki

wp-1468251836232.jpg

Yola dulur yang budiman….honda cbr250rr yang sebentar lagi diluncurkan, infonya akan sangat jauh beda dibandingkan versi sebelumnya. Baik itu secara desain ataupun konfigurasi mesinnya. Kalau dulu memakai mesin 250 cc mono silinder, kini akan menggunakan twin silinder. Tidak cuma itu, blok silindernya sendiri akan menggunakan nikasil sleeve. Nah…..ini semoga membuat para fbh ortodox makin pintar.

Lho… Fbh ortodox itu apa to? Itu tuh… Kaum yang selalu menganggap produk ahm ngga ada cacatnya, selalu perfect, menganggap tehnologi motor honda yang paling tinggi. Menolak pabrikan lain yang memakai tehnologi yang lebih advance. Fbh ortodox tentu berbeda dengan fbh biasa ya….

Ada apa dengan fbh ortodox dengan silinder sleeve nikasil? Bagi yang belum paham, deka akan terangkan dikit. Jaman dulu, saat pabrikan selain honda memakai blok silinder yang sudah dilapisi logam aloy, suzuki dengan SCEM, kawasaki dengan Electro Fussion, dan dan yamaha denga diasil, motor honda masih memekai steel sleeve biasa. Nah…. Para ortodoxer fbh tersebut selalu gembar-gembor kalau tehnologi pelapisan sleeve tersebut nggak signifikan meningkatkan performa. Sama saja dengan steel sleeve motor honda.

perbandingan steel sleeve dan diasil silinder
perbandingan steel sleeve dan diasil silinder

Bagi mereka, rujukan-rujukan, tulisan artikel yang membahas keunggulan scem, electrofusion, diasil dianggap angin lalu. Mereka menolak mentah-mentah ilmu metalurgi yang menganggap logam alusil, nikasil jauh lebih baik dibandingkan steel sleeve. Keunggulan penyaluran panas, dan anti friksi logam nikasil dianggap hoax… Pokoknya yang dipakai honda saat itu adalah yang terbaik. Rujukan artikel yang membahas soal macam-macam silinder sleeve, silahkan lihat lagi di artikel ini:

Plus Minus 3 Macam Jenis Silinder Blok Mesin Motor ( part 1 )

Plus Minus 3 Macam Jenis Blok Silinder Motor ( Part 2 )

Perbedaan SCEM Dan Diasil, Unggul Mana?


Nah…. Kini cbr250rr akan memakai nikasil sleeve di blok mesin mereka. Tentu perancangnya sudah memikirkan kalau sleeve jenis ini memang punya keunggulan daripada steel sleeve. Jika para insinyur honda memakai nikasil karena banyak keunggulannya, semoga para ortodoxer tersebut bisa manggut-manggut karena yang ngomong orang honda sendiri. Dan wawasan mereka lebih terbuka soal tehnologi yang berhubungan dengan metalurgi mesin.

coated sleeve, plated sleeve
coated sleeve, plated sleeve

Bagi yang dulu debat dan dongkol oleh polah mereka, mending nggak usah mengejek sekarang…. Deka yakin mereka dalam hati merasa malu kok, ternyata anggapan mereka selama ini keliru… Lebih baik senyum di kulum saja…. Para insinyur honda sudah menjawab sendiri…. Bukan para ortodoxer.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil