New Vixion Advance….Akhir Dari Sebuah Prolog

suzuki

Yola dulur…. ada kesempatan lagi untuk menyapa pembaca budiman blog siluman ini. Kali ini deka akan sedikit mengangkat sebuah topik tentang si raja kelas sport 150 cc, klan vixion. Lebih spesifik lagi, new vixion advance, edisi terakhir klan vixion dari pabrikan yamaha. Deka tidak akan membahas tentang plus minus, performa motor satu ini…. sudah terlalu basi dan banyak yang tahu. Awal dari penulisan, adalah informasi bahwa sekarang ahm sudah bisa mengungguli kelas sport dari yamaha secara penjualan ( distribusi ke diler ), sebuah kenyataan yang diidam-idam lebih dari sewindu. Ya….  epilog dari NVA berakhir dengan penguasaan ahm di kelas sport.

new-vixion-advance
new-vixion-advance

Epilog……. atau pengantar cerita awal yang akan memulai cerita inti atau cerita sesungguhnya dari sebuah peristiwa. Kenapa deka sebut vixion advance atau nva merupakan sebuah epilog dari yamaha? Karena deka anggap motor new vixion advance adalah motor advance yang nggak ada advance-advance-nya…. advance-nya dimana coba? cuma vixion facelift, vixion yang diganti batok lampu dan sedikit perubahan bentuk shroud….. Mesin tidak ada perubahan sedikitpun secara performa.

Apakah itu yang disebut advance? maaf…. publik biker dimarih sudah terlalu cerdas untuk membedakan advance sungguhan atau hanya sekedar gimmick. Yang paling mendekati advance mungkin di sektor penggantian ring piston dengan kode 1pa yang terkenal bengek itu, secara di nva deka belum dengar keluhan oli mesin disedot ama knalpot. Inipun titel advance yang terlalu dipaksakan karena lebih tepat disebut dengan perbaikan, bukan level yang lebih tinggi dengan sebutan advance.

Seperti yang pernah deka bilang di artikel-artikel sebelumnya, proyek nva hanya sebuah cerita awal atau sebuah prolog dari cerita asli yamaha di kelas sport 150 cc. Secara sarkastik, deka bilang proyek nva hanya proyek pengisi waktu kosong sebelum yamaha menelurkan motor sport kelas 150 cc dengan mesin baru, entah dohc, entah sohc dengan pengatur klep, atau bahkan oversize kubikasi. Yamaha bukanlah pabrikan seperti honda yang sangat besar anggaran risetnya, meskipun lebih mending dibandingkan suzuki.

mt-15
mt-15

Untuk membendung isu new generation of cbsf, yamaha hanya bisa mengandalkan vixion facelift tersebut. Kenapa pada awalnya NVA seperti tetap menjadi tembok tebal yamaha dari ahm? karena faktor inisial vixionnya saja. Bukan karena NVA memberikan sebuah sensasi baru yang menarik potensi pembeli baru, tapi pembeli yang memang sudah jauh-jauh hari ingin beli vixion. Setelah new cbsf memberikan sensasi baru, isyu baru yang bikin penasaran, secara distribusi bulan ini akhirnya bisa mengungguli distribusi nva…..nggak mengherankan buat deka…. its all about when time will come…..

Lebih diperparah lagi, konsumen kelas ini juga akan menahan beli vixion karena sebentar lagi akan muncul cerita inti dari yamaha…. motor sport 150 cc dengan sensasi baru… entah itu mt-15 atau ultimate vixion yang sudah deka bahas jauh-jauh hari….. Yang jelas para calon konsumen sport 150 cc sudah punya opsi…. kalau motor tersebut mengecewakan, ada new cbsf…… atau sport 150 cc suzuki yang juga siap brojol….. bahkan akan ada lagi, bmw-tvs apache 200 cc….. Gimana yamaha? sudah siap dengan cerita barumu????

Bonus… On the Turning away….. By Pink floyd

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum