New CBR250 Cut Price, R25 Hadir FBH Ikut Bahagia

ilustrasi
suzuki
new_honda_cbr_250_r
new_honda_cbr_250_r

Yola dulur…akhirnya AHM merilis harga resmi New CBR 250R-nya, walaupun motornya sendiri sudah dirilis beberapa waktu yang lalu. Sebuah  langkah yang dianggap aneh oleh beberapa pengamat permotoran. Alasannya sangat simpel, motor ini bukan spesies baru, hanya facelift versi sebelumnya, tapi kenapa bandrol harga kok disembunyikan. Kalau peluncuran motor baru dengan bandrol harga ditunda masihlah wajar, mungkin karena hanya pengenalan bentuk dan spesifikasi motor saja, sedangkan produksi masal baru beberapa bulan ke depan, tapi ini old new bike…wajar kalau ada yang mempertanyakan.

Yamaha-r25 courtesy gus tri
Yamaha-r25 courtesy gus tri

Waktu itu ane beropini bahwa disembunyikannya harga new CBR250 karena AHM ingin mengamati langkah kompetitornya terlebih dahulu, bisa di cek di artikel ini. Siapa lagi kalau bukan gacoan baru Yamaha, YZF-R25. Kok bukan merk lain? emang Honda takut sama Yamaha?…nggak juga, namun dalam bisnis ada yang namanya “biggest competitor”, dan yang terpilih menjadi biggest competitornya Honda adalah Yamaha, kenapa? latar belakangnya panjang, silahken cek disini. Langkah strategi Honda seperti ini ane anggap langkah klasik Honda, Coming from behind…. behind-nya Yamaha. Biarkan jalan duluan, setelah itu dibabat dengan sumber dayanya  lebih besar.

cbr250 new face
cbr250 new face

AHM juga tahu, bahwa CBR250 sambutannya akan seperti ini, mereka punya analis yang mumpuni, tahu bahwa selera biker kelas 250 cc ya acuannya Ninja 250 yang twin silinder itu, namun apa daya, Honda Jepang say NO, ikuti produk global yang sudah ada. Nah…karena tahu kekurangannya, mending dipending dulu bandrol harganya, lihat dulu R25 mau pasang berapa…tembak dibawah itu….siapa tahu jadi daya tarik. Dan Bandrol on the road Jakarta CBR 250 tersebut adalah:

– Rp 46,8 juta (warna merah)

gulf oil

– Rp 47,8 juta (warna tricolor Red-White-Blue)

– 48,3 (warna Repsol).

– Untuk tipe ABS  Rp 53,7 juta (warna merah), Rp 54,7 juta (warna tricolor Red-White-Blue), dan Rp 55,2 juta (warna Repsol).

Begitu besarnya pengaruh R25 terhadap langkah strategi AHM terhadap CBR 250. Dan ini dari pengamatan newbie ane, suatu langkah yang sangat jarang bin langka oleh AHM atau Honda, menurunkan harga produk facelift yang mempunyai spek lebih tinggi, dibanding dengan produk lamanya. Terus ada yang nanya…katanya lawan sebenarnya CBR250 adalah Ninja 250 SL? kok sekarang R25…Iya…kalau itu dari sudut pandang umum kita-kita ini….kalau Honda, kompetitor utama itu ya Yamaha, R25 itu…soal spek mesin…ah… namanya juga dunia bisnis.

honda-cbr250r-2014
honda-cbr250r-2014

Namun pihak yang menikmati kondisi ini ya para FBH… kapan lagi dapat motor upgrade dari yang lama, lebih powerfull, lebih cakep secara desain, lebih baru, sama-sama import tapi dengan harga lebih murah…..wenak to… Inilah sisi positif dari pihak konsumen ketika terjadi kompetisi ketat antar perusahaan. Biarlah mereka gontok-gontokan dalam dunia bisnis, sekali lagi dunia bisnis bukan person to person….siapa tahu tokoh-tokoh dua kumpeni itu malah ngopi bareng dan cekikikan satu meja di Jepang sana.

Ah… lahirnya YZF-R 25 membuat dua kubu besar, FBY dan FBH sama-sama senang. FBY menyambut motor baru, FBH dapat berkah potongan harga CBR…Eh…ada juga yang bersedih lho…. yang pengen beli tapi nggak punya uang…ra nde det, dan yang satu ini nih….. 😀 😀 (just joke).

paruk2 oalah bee bee

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

 

 

 

18 Komentar

  1. hehehe,, dimana mana klo produk upgrade pasti harga naik, lah ini malah turun harga,,,,, kasihan pemilik cbr lama, harga sekennya pasti jatuh, kenapa disikapi dengan turun harga, bukan bikin design dan engine powerfull,,,,, dulu cbr 150 R diharapkan kisaran 27 sd 30 juta maksimal, malah jadi 33 juta. akhirnya ga laku. cbr 150 juga gitu mahal, lah sekarang malah kena diskon harga, piyee iki
    http://rohimmoto.wordpress.com/2014/05/22/over-all-yimm-mampu-menuruti-kemauan-pasar/#comments

Leave a Reply