Nasib Yamaha R-25 Setelah New R-15 Berevolusi

suzuki

Yola dulur yang budiman….. sudah lama tidak ngobrolin motor sport fairing 1/4 liternya yamaha, R-25. Padahal awal kelahirannya dulu sempat menghebohkan jagad permotoran nasional. Namun setelah gagal mendongkel dominasi kawasaki ninja dan lahirnya CBR-250RR, R-25 seperti sepi dari pemberitaan. Nah… kali ini kita akan bahas bagaimana nasib kedepannya, khususnya setelah sang adik, R-15 telah mengalami revolusi.

new-r25-dan-new-ninja-250-fi-2

Keberadaan yamaha R-15 yang secara “mak bedunduk” memperkaya fitur seperti suspensi USD, meredesain lebih kental aura YZF-R nya dan mengalami upgrade mesin tentu secara pride megalahkan sang kakaknya, R-25. Sang adik yang punya kubikasi lebih kecil mempunya “spek” lebih moge daripada yang 250 cc. Tentu ini kurang ideal di mata yamaha sendiri. Dari kondisi seperti ini saja sudah bisa diprediksi bahwa nasib yamaha R-25 next time tentu akan terjadi perubahan juga. Apalagi nasib penjualan nasionalnya yang bukan hanya mengenaskan, tapi makin mengenaskan.

gulf oil

Persaingan makin ketat, lawan sudah bergerak, kondisi nampak mata tidak baik, itu tanda pabrikan perlu pergerakan untuk memperbaiki produknya. Jadi saat New R-15 dengan segudang pembaharuan, itu tentu saja juga tanda-tanda bahwa yamaha R-25 sedang diproyeksikan berubah juga, entah major facelift atau bahkan all new. Bagaimanapun kelas 250 cc sport masih strategis bagi yamaha, meskipun yamaha sendiri sedang mempersiapkan senjata lain di kelas ini, metik X-Max 250. Yah…. kalaupun bukan sebagai lumbung uang, minimal pride yamaha di kelas sport 250 cc wajib dipertahankan.

Jadi, tanpa bocoran apapun, deka sudah menebak bahwa setelah proyek New R-15 selesai, yamaha R-25 pasti akan mendapatkan sentuhan baru. Yang paling jelas sih pasti suspensi upside down, karena itu yang paling mudah diaplikasikan. Selanjutnya jika mungkin hanya facelift desain bodi dipermanis sedikit, bisa perubahan garis lekuk atau tambahan seperti garnis, headlamp juga bisa jadi bentuk LED.

new-r25-dan-new-ninja-250-fi-2-3

Sebenarnya ada lagi upgrade sangat penting, apalagi yamaha sedang getol VVA nisasi di motor-motor mereka. Yamaha sedang membuat trademark baru, VVA is yamaha. Jadi next step bisa jadi R-25 akan dibekali mesin yang dilengkapi VVA plus ASC, assist slipper clutch. Namun sepertinya itu proyek panjang karena mendevelope mesin sekarang dan dicangkokin VVA dan ASC tentu merubah mesin itu sendiri, butuh waktu uji coba yang lumayan panjang. Belum lagi jika sasisnya memakai deltabox, itu sama saja membuat motor baru lagi, all new yamaha R-25. Apakah yamaha berani seperti itu? sepertinya berani, namun waktu mendesaklah yang jadi masalah.

Jadi untuk sementara R-25 hanya akan mengalami perubahan ekterior diluar mesin saja menurut terawangan deka. baru next step merombak mesin dan sasis. Tapi entahlah jika sasis deltabox ternyata sudah didevelop mulai tahun lalu, bisa jadi akhir tahun nanti sudah ada perubahan sasis ke deltabox…. Who knows…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum