Naik Kendaraan Bermotor Itu Seperti Naik Bom Molotov

(ilustrasi)
suzuki

Yola dulur…. artikel ini muncul karena keprihatinan deka terhadap munculnya berita tentang terbakarnya kendaraan baik roda dua maupun roda empat baik di media cetak, televisi maupun media internet.

(ilustrasi)
(ilustrasi)

Terbakarnya kendaraan tersebut enggak memandang jenis, ukuran maupun merk. Dari metik Mio sampai sedan BMW, ada saja kejadian terbakar saat melaju di jalan. Nah kenapa ini bisa terjadi? apakah karena jeleknya kualitas? mari kita bahas bareng-bareng….tapi dari kacamata orang awam, bukan ahli tehnis mesin.

(motor terbakar)
(motor terbakar)

Sebuah kendaraan kalau boleh saia pisah, bisa terbagi dari dua bagian dasar. Satu adalah bagian penggerak yaitu kendaraan itu sendiri, dan satu yang lainnya adalah bagian penyalur energi sebagai sumber energi penggerak kendaraan. Jadi secanggih apapun bagian penggerak kendaraan kita kalau nggak ada sumber energi ya ndak akan bisa bergerak tu kendaraan. Agar kendaraan bisa bekerja dalam waktu lama dan tidak direpotkan dengan mondar-mandirnya pengisian sumber energi, maka di kendaraan kita dipasang penyimpan cadangan energi. Berhubung kendaraan sekarang umumnya memakai bbm sebagai sumber energinya, maka penyimpan cadangan energi tersebut berupa tangki bbm.

(skema saluran bbm)
(skema saluran bbm)

Dari tangki bbm, agar bisa bermanfaat di ruang bakar mesin maka bbm kudu melewati saluran khusus, yaitu saluran bahan bakar. Saluran ini bisa berupa pipa besi maupun karet. Namun karena sifat kendaraan yang mobile atau bergerak terus maka saluran karetlah yang banyak dipakai karena sifat lenturnya sehingga resiko patah atau getas yang terjadi di pipa besi bisa diminimalisir. Selain daripada itu karet lebih murah dari segi biaya dan fleksibel dalam mengikuti bentuk.

Berbicara kendaraan berbahan bakar bensin, bensin bisa meledak sempurna adalah adanya percikan api dari busi. Busi bisa mercikin api karena adanya aliran listrik, sedangkan listrik dihasilkan oleh mesin itu sendiri saat bekerja, melalui spool, disimpan ke aki maupun disalurin ke cdi, koil dan akhirnya berujung di busi. Jadi kalau dilihat dari sudut sumber energi, kendaraan kita ada dua sumber energi tuh…. sumber energi berbentuk bbm dan sumber energi listrik. Karena kendaraan kita bisa bekerja karena dua sumber energi tersebut bertmu di ruang bakar.

(skema kelistrikan motor)
(skema kelistrikan motor)

Nah… terjadinya kendaraan yang terbakar itu, secara logika berarti terjadi karena kedua sumber energi tersebut bertemu bukan pada tempatnya yaitu di ruang bakar mesin yang sangat tertutup. Berarti ada kebocoran baik saluran bbm maupun saluran listrik atau perkabelan (korslet). Makanya jangan heran jika kejadian kendaraan terbakar itu umumnya terjadi pada kendaraan yang sudah sepuh tua, kendaraan jorok bin dekil, pemiliknya khemfroh. Kenapa? karena berhubungan dengan saluran eergi tersebut yg sudah mulai getas… ingat…karet adalah bahan yang mempunyai lifetime tertentu. Jika tidak dirawat dan mengalami kebocoran, weiiisss berbahaiya bin ndrawasi tuh…

(molotov)
(molotov)

Kenapa saia analogikan kendaraan dengan bom molotov? karena sifat dasarnya sama. Bom molotov adalah model bom yang sangat sederhana, hanya bahan bakar dikumpulkan di dalam tabung, dimampatkan dan diberi sumber api berupa sumbu. Jika botol tersebut dibenturkan dan pecah maka bahan bakar tersebut kan bertemu dengan sumber api dan…. WUUUUKKKKK…. terjadilah nyala api. Sama persis dengan kendaraan kita kan? bahkan kendaraan kita adalah bom molotov yang lebih explosive karena kapasitas bbmnya yang lebih besar.

(ilustrasi)
(ilustrasi)

jadi saat kita petentang-petenteng naik motor keren kita, ndak ada bedanya dengan menaiki sebuah bom molotov besar 😀 😀 😀 . Ingat… sumber energi yang dikumpulkan dalam satu tempat berarti mempunyai energi potensial yag lebih besar, tinggal menunggu waktunya untuk meledak, yaitu saat bertemu dengan pemantiknya, bisa panas, api maupun listrik.

(bom molotov)
(bom molotov)

So… rawatlah kendaraan kita, khususnya bagian penyimpanan, maupun saluran bahan bakar dan kabel-kabel kelistrikan, agar kendaraan kita tidak benar-benar menjadi bom molotov…. bom molotov yang mahal…..

Sssttttt ada yang nyeletuk, kalau kasus tangki bocor gimana? Ane jawab dengan pasti…. Kesalahan Fatal.

Anda punya opini lain???silahkan dishare….

Semoga bermanfaat…

Wasslamualaikum…..

 

gulf oil

23 Komentar

Leave a Reply