Muncul Patent Motor Disinyalir Suzuki GSXR250…Produk Lokal?

Yola dulur yang budiman…dapat kiriman gambar yang nampaknya sebuah patent motor sport. Masbro tersebut bertanya, apakah ini patent suzuki GSXR250? Disinyalir memang seperti itu, namun pertanyaan lanjutannya adalah apakah ini akan menjadi produk lokal seperti CBR250RR dan yamaha R25?

Yang pertama, mungkin betul itu adalah patent dari suzuki GSXR250. Namun karena bukan proyeknya SIS maka ngadimin belum mengatakan 100%. Meskipun itu sangat mirip dengan sketsa suzuki gsxr250 yang ngadimin peroleh beberapa waktu yang lalu. Jadi bukan produk lokal. Mari kita lanjutkan lagi.

Yang membuat lega, dari gambar patent tersebut, suzuki gsxr250 akan mengusung mesin overbore twin silinder DOHC. Dari rumornya sih nyaris 40 PS output maksimalnya. Suspensi depan model upside down, dan belakang menggunakan sistem Link. Sedangkan armnya unsimetris, mirip dengan milik R25.

Ini adalah mesin derivat baru, karena seblumnya suzuki tidak mempunyai platform mesin 250 cc twin silinder DOHC. Mereka punyanya hanyalah twin silinder SOHC dan 250 cc 4 silinder dohc. Sasisnya model tubular seperti cbr250r. Dan kemungkinan besar akan dipakai untuk beberapa jenis motor. Apakah suzuki juga akan membuat versi 300 cc yang lagi trend sekarang? Entah juga, karena ini bocoran dari luar, bukan dari SIS.

Proyek suzuki GSXR250 bukan proyek lokal justru membuat ngadimin lega. Pasar 250 sport kita sedang lesu, dengan membuat gsxr250 proyek global, maka minimal suzuki bisa menyelamatkan pangsa pasar mereka. Namun minusnya, kita tidak akan mendapatkan special price lebih murah dari produk lokal.

Kemungkinan harganya juga diantara ketiga motor kelas 250 cc, R25, cbr250r dan ninja 250. Diantara 55 sampai 60 juta. Namun itu juga baru prediksi, karena biaya produksi juga belum diketahui sampai sekarang.

Mari kita tunggu saja, apakah betul ini proyek suzuki gsxr250 atau bukan. Info yang masuk sih, pusat produksi akan dilakukan di Thailand, dengan menggunakan vendor thailand, serta negara-negara lainnya.

So….. peluncurannya kemungkinan bukan disini. Kita hanya menerima motor CKD saja untuk menuruti permintaan pasar sport 250 cc yang ada.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil