Motor Paling Tidak Nyaman Dan Paling Ojekable Versi Deka

suzuki address
suzuki

Yola dulur yang budiman….sebelum melanjutkan diskusi, tulisan ini dari sudut pandang boncenger ojek, tidak ada hubungannya dengan penjualan, investasi, atau perawatan. Motor mana yang paling tidak nyaman sampai mana yang masuk katagori nyaman atau ojekable, versi pengguna jasa ini.

Ya, ngadimin adalah pengguna setia ojek online. Saat ingin ke stasiun kereta, stasiun krl, terminal bus, atau ada acara di sekitar jakarta dan malas untuk riding, ojek online adalah pilihan paling pas. Namanya saja ojek online, jadi kita tidak tahu siapa dan naik motor apa mereka nanti.

Namun dari sekian banyak ojol yang menjemput dengan beragam motor, kita jadi tahu karakter berbagai macam motor kommuter. Ini bicara motor yang umum ya, jadi untuk motor-motor tertentu tidak masuk bahasan, karena jarang. Yang umum dipakai saja biat ojek…metik dan moped/bebek, itupun metik kek n-max, aerox tidak kita bahas karena masih jarang, beda dengan vario 150 yang beberapa kali ngadimin dapati.

beat betty

Untuk kelas metik, yang paling tidak nyaman adalah semua generasi Beat….ya…metik 10 juta umat ini entah kenapa sangat tidak bersahabat dengan pantat ngadimin. Begitu mendapati ojek pakai beat, langsung terpikir, “duh….beat…” beneran, pantat ngga bohong. Setelah naik sekitar 10 menit, pantat sudah terasa ngga nggak nyaman. Dan ngadimin sendiri punya pengalaman buruk, tulang ekor cidera saat naik beat dari jakarta ke cirebon. Dan akhirnya, metik deka naikin ke bus saat balik ke jakarta….

Untuk metik honda lainnya seperti scoopy, vario 110 relatif lebih nyaman di pantat. Dan paling nyaman dari rombongan metik ahm adalah vario series. Kombinasi ergonomi jok dan bantingab suspensi dari kacamata boncenger, ini paling nyaman untuk metik ahm.

mio 125 bluecore

Bagaimana dengan metik-metik yamaha? Walaupun jika riding sendiri suspensi keras bikin tremor lengan tangan, namun jika anda dalam posisi dibonceng justru akan 180° kebalikannya. Entah kenapa jika untuk boncengan, justru lebih nyaman? Kombinasi jok empuk dan suspensi belakang menjadi lebih membal bikin boncenger lebih nyaman. Entahlah yang riding, kalok ngadimin sendiri sih tetap ngerasa tremor di lengan yang memegang setang, masih keras. Hampir semua metik entry level yamaha seperti itu. Lebih pantatable untuk boncenger.

Bagaimana dengan metik jarang dari suzuki? Beberapa kali malah sudah merasakan metik suzuki saat pesan ojek, dari spin, skywave, skydrive, hayate, nex, sampai address. Hampir semua pantatable, karena karakter suspensi dan ergonomi jok diantara honda dan yamaha, jok tidak seempuk yamaha, tapi tidak sekeras honda. Suspensi kebalikannya, tidak sekeras yamaha, tapi tidak seempuk honda. Sebagai pembanding saja, naik skywave bogor-cirebon cukup istirahat 2 kali, sedangkan naik beat jakarta-cirebon malah istirahat 5 kali….. Pantat seperti ditusbol malaikat pakai tongkat api  :mrgreen: .

Dari jajaran metik suzuki, anda mungkin akan kaget, justru metik tua skydrivelah lah yang paling nyaman buat boncenger, mirip-mirip address, sedangkan metik suzuki lainnya masuk dalam katagori nyaman bagi boncenger.

smash fi

Untuk kelas bebek, hampir semua masuk dalam katagori nyaman. Kecuali pernah ngadimin dapati suzuki satria yang joknya sudah dimodif ala cabe-cabe an, jok tipis dan nungging….ora nyaman blas, beda dengan jok default. Paling mentul-mentul ya bebek ahm, jika ketemu jalan bumpy kita seperti di ajak ajojing, endut-endutan. Nyaman sih, tapi kasihan ridernya, effort lebih untuk kontrol motor, apalagi saat menikung. Jadi ketika pesan ojek dapat motor bebek, sudah lega duluan, tanpa melihat merk motornya, pantat sudah aman.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil