Motor China Tidak Boleh Awet??

suzuki

Yola dulur…… bicara mindset…. begitu mendengar mocin atau mona aka motor china, maka pikiran akan tergiring ke sebuah motor copas, jiplakan, kualitas ecek-ecek, nggak awet, dalam waktu singkat mesin ambrol. Motor china nggak boleh awet.

made in china jokes
made in china jokes

Jelas mindset ini terbentuk karena pengalaman yang sudah terjadi, entah pengalaman dari cerita, pengalaman pribadi, melihat bukti, atau katanya-katanya. Semua saling menjalin dan membentuk opini motor china itu kualitasnya  “gombal mukiyo”.Ya…. tidak ada yang salah dengan opini tersebut,karena memang dulu mona yang banyak beredar, kualitasnya seperti yang sudah dirasakan oleh pembelinya, 3 tahun mentok. Alias setelah 3 tahun sudah tidak terurus dengan benar, entah bodinya ambrol, entah mesinnya sudah nggak presisi, perlu servis besar, jalan tidak normal etc. Itulah yang membuat konsumen kapok membeli Mona, motor china. Kemudian opini berkembang secara stereo type, semua motor china itu gombal mukiyo, tidak awet. Dan parahnya lagi, selama menyangkut china, entah part buatan china, motor ini rakitan china walaupun merk bukan china, motor yang memakai part china, dicap kualitasnya gombal mukiyo juga.

Well padahal motor atau produk china itu buanyak ragamnya, buanyak merknya. Mereka itu terbentuk falsafah dagang sejak baheula. Jago bikin produk dengan margin tipis. Bisa membuat produk harga murah, namun juga bisa bikin produk berkualitas jempolan….. tergantung ente minta harga berapa….

Ditarik ke kasus mona, saat itu kita latah kalau mona itu kudu murah, jadi akhirnya ya dibawainlah motor china yang berharga murah…. kualitasnya juga mengikuti harga to. Justru yang bikin rusak hukum tersebut adalah impotir atau penjualnya…. entah mereka ambil untungnya kegedean, atau keseret pungli biaya masuk…..

made in china jokes
made in china jokes

Motor china yang nampak awet, bisa tahan lama merupakan anomali, keanehan. Saat melihatnya langsung, maka berbagai macam alasan untuk menyanggahnya. Entah motor jarang dipakailah , entah perawatan super detail lah, entah penggunaan ringan lah, etc. Pokoknya motor china nggak boleh awet…. titik…. juga derivat-derivatnya seperti produk taiwan, produk lokal Indonesia part china…..nggak ada alasan untuk awet… itu china……

Padahal kalau kita berpikir sejenak, banyak kumpeni-kumpeni melirik pabrik di china karena disana sangat efisien, biaya buruh murah, perijinan nggak njelimet, infrastruktur bagus, dan semua yang mendukung biaya produksi murah. Lihatlah alat elektronik yang dominan beredar…. memang secara kualitas keseluruhan masih kalah… namun bica value ?? perbandingan harga dengan kualitas produk? Wow..manteb.

Well….. banyak produk china kualitas gombal mukiyo…. tapi harganya juga murah gila. Namun tidak semua produk china selamanya gombal mukiyo….. Begitu juga motor buatan china, nggak selamanya gombal, cuma kita belum kenal dan tidak berani pakai.

NB : artikel ini terispirasi oleh motor china tetangga yang beli seken seharga 3,5 juta, untuk ngangkut furnitur selama 5 tahun masih bisa untuk kerja.

Bonus : Big In Japan….. By….Alphaville

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil