Motor Apa Saja yang Harus Diadakan Suzuki Di Tahun 2019 ( Opini )

suzuki

Yola dulur yang budiman… tulisan ini bukan untuk menggurui pihak suzuki. Namun sekedar uneg-uneg ngademin kepada PT SIS. Bukan kenapa, bukan karena ngademin menganggap dekat dengan orang-orang penting suzuki. Namun karena saking banyaknya teman ngademin yang bekerja di PT. SIS serta jaringannya dilernya. Jadi ini sekedar opini, motor apa saja yang harus diadakan suzuki di tahun 2019 nanti.

Flashback dulu di tahun 2018. tahun ini sepertinya ada yang ” miss ” dengan langkah suzuki Indonesia. Tidak fatal, namun membuat ” Potencial Effect “ dari kehebohan 2017 menjadi berkurang. 2017 suzuki seperti menghentak, membuat kehebohan, dan menimbulkan gairah dan sensasi tinggi bagi penggemar motor dengan lambang S ini. Banyak kegiatan untuk mengangkat brand suzuki. Isu-isu motor baru dihembuskan meramaikan media. nama suzuki mulai berkibar kembali.

Sedangkan di tahun 2018, passion itu mengalami stagnasi. Banyak sekali proyek motor baru, baik sekelas isyu atau memang proyeknya ada kembali ditenggelamkan. Acara penanaman brand image suzuki sendiri juga berkurang. Yang lolos dan berefek cukup bagus hanyalah suzuki NexII. Itupun dari kacamata ngademin banyak potensi yang hilang ( next artikel kita bahas mengapa ). Suzuki bandit belum menemukan momentumnya. Berbeda jika bandit meluncur di tahun 2017, dimana nama GSX150 series cukup ramai di dunia media.

Untuk 2019, semoga suzuki kembali ramai dalam menanam brand image di kalangan rakyat biker Indonesia. Motor-motor baru harus diluncurkan, dan tentunya dipilih fungsi masing-masing motor ditempatkan sebagai apa. dan tentunya harus melihat demand pasar. Jangan sampai meluncurkan motor yang demand nya tinggal ” remah-remah “. Seperti : bebek 150 cc, sport 150 cc, atau kelas bebek entry level lainnya. Sekarang masih eranya Metik. jadi suzuki minimal harus punya satu motor metik baru di tahun 2019. jangan samapi kehilangan momentum.

Supermetik atau big skuter. Suzuki seharusnya sudah bermain di kelas metik minimal 150 cc ini. Pasar yang merupakan shifting dari sport 150 ini masih sangat terbuka lebar. Generasi POP yang menginginkan kemudahan menginginkan metik tapi biasa buat kencang-kencangan tanpa harus ribet dan keterampilan. Proyek supermetik harus dieksekusi di tahun 2019.

Metik Entry level High/125 cc. Kelas ini suzuki juga belum bermain, padahal pangsa pasarnya lumayan besar daripada sport 150 cc. Suzuki punya amunisinya. Bisa saja melahirkan kembali suzuki Skywave 125, atau New Spin125…. Minimal bisa kanibalan dari suzuki burgman 125.

Suzuki Katana1000. Di sini, motor ini bukan untuk menangguk keuntungan besar, namun fungsinya untuk ” mengayomi ” motor-motor kecilnya suzuki. Mercusuarnya motor suzuki. Motor legendaris ini cukup harum namanya. dengan adanya suzuki katana1000, maka brand image suzuki akan terkerek naik. Suzuki punya motor keren….. Jika dianggap harus satu paket, maka bisa saja ditambah moge-moge suzuki lainnya. ini berarti suzuki harus membuka divisi baru lagi…. divisi moge.

Motor Kelas Blue Ocean. Kelas blue ocean berarti suzuki harus mencoba menjadi pioner. dan sepengetahuan ngademin, jika menjadi pioneer, maka pabrikan jepang lainnya akan memberikan waktu untuk bersaing ( gentlement agreement ). Boleh jadi motor yang ngademin posting beberapa waktu yang lalu sebagai postingan ” clue “. Secara pabrikan jepang lainnya masih adem ayem di kelas motor tersebut. Motor yang benar-benar sesuai dengan kondisi jalanan Indonesia.

Untuk motor baru, sebenarnya cukup itu saja. bagaimanapun suzuki belum sekelas AHM atau yamaha soal sumber daya jaringannya. Dimana semakin banyak diler, semakin banyak ” Asupan Gizinya ” . yang penting bagaimana suzuki mampu meramu marketing mengkombinasikan motor baru dengan motor yang sudah ada. jangan sampai motor baru hadir, tapi motor lama mengkeret penjualannya.

Disini suzuki NexII dan address masih cukup bisa dikembangkan pasarnya. Suzuki GSX150 series masih bisa dipupuk agar penjualannya stabil. motor-motor yang tersedia sekarang hanya perlu refreshing ulang alias facelift saja. Kunci perkembangan suzuki di 2019 adalah di sektor metik… Iya…. atau tidak sama sekali.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum