MotoGP Seri Jerez 2018 : Blessing For Tucker Racers

suzuki

Yola dulur yang budiman…. siapa pemenangnya di motogp seri jerez nggak perlu kita bahas mendalam kali ini, seperti yang ngadimin tulis tadi di artikel preview motogp jerez 2018. Ya… sesuai judulnya… marc marquez. Namun kita bahas kejadian yang lumayan unik di balapan kali ini. Blessing for tucker races… berkah bagi beberapa pembalap yang kepayahan menghadapi sirkuit tricky jerez spanyol.

Para pembalap belum memikirkan duel antar mereka karena terlalu fokus menakhlukkan sirkuit ini. Para pembalap yang difavoritkan gerombolan tercepat satu-per satu ndlosor tak terperihkan. Paling tragis ya insiden paduka lorenzo, dovizioso, dan perdosa… khususnya dovi yang murni menjadi korban. Satu per satu pembalap cepat di sirkuit ini tumbang.

Dimulai dari Alex rins yang tumbang, padahal sudah mulai panas dengan suzukinya, saat belokan kekanan kehilangan grip ban depan crash, padahal mulai merangsek ke depan siap berduel dengan dovi dan pedrosa setelah bmenyalip zarco. Kemudian cruthlow juga tumbang, sama… belok kanan dan kehilangan grip ban depan.

Kejadian tragis adalah saat dovizioso yang terus terhalangi oleh paduka lorenzo yang kepayahan mengejar marquez. dengan kombinasi ban soft-medium, tentu tidak menguntungkan di sepertiga akhir balapan. Sedangkan Dovi yang memakai medium-medium masih mampu mengembangkan kecepatan. Sayangnya Lorenzo menjadi barier penahan pembalap di belakangnya. Dia sangat pandai mempertahankan line balap sehingga kesulitan disalip oleh pembalap yang lebih cepat.

Sampai pada momen dovi melakukan late braking sebelum tikungan ke kanan, namun melebar di tengah tikungan. Paduka masuk lewat dalam , namun selepas apex, pedrosa juga masuk secara cepat di posisi paling dalam. Paduka lorenzo ingin kembali ke line ideal dan ditabrak oleh pedrosa… Pedrosa highside, lorenzo ndlosor dan menghantam motor dovi yang berposisi paling luar…. Poor dovi…. victim of the situation.

Setelah tiga pembalap tercepat ini crash, marquez lenggang kangkung di depan sendirian terpaut jauh dengan pembalap paling beruntung johan zarco yang kejatuhan durian jadi runner up. Dengan trio downfall tersebut otomatis mengatrol secara instan rombongan medioker seperti Iannone, petrucci, dan Rossi, menjadi pertarungan perebutan podium akhir.

Saling tikung terjadi antara suzuki dan ducati prmac. Untung saja Ian masih menyimpan tenaga cadangan untuk take over petrux di menjelang lap akhir dan berhasil mempertahankan posisinya. Back to back podium bagi suzuki… tiga seri beruntun podium 3…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil