Motogp Brno 2018 : Duel Duo Ducati

Yola dulur yang budiman… Sesuai dengan review tadi pagi, balap motogp seri brno 2018 dikuasai oleh ducati dan honda. Dan yang sungguh mengagetkan terjadi duel duo ducati, diselingi marquez untuk berebut podium tertinggi.

Beberapa keunikan terjadi di seri kali ini. Yang pertama, valentino rossi bisa start up dengan bagus, memimpin di tikungan pertama. Sangat-sangat jarang rossi bisa start bagus. Dan yang kedua, dia memakai ban hard bagian belakang. Padahal selama ini, yamaha selalu memakai ban maksimal medium, bahkan saat free practice.

Sebenarnya rossi sudah membalap dengan cukup bagus dengan selalu di urutan kedua, sesekali mencoba menjadi terdepan, meskipun beberapa tikungan disalip lagi oleh ducati. Sayangnya pemilihan ban depan medium kembali membuat perjudian rossi berujung tekor, padahal hampir semua pembalap memilih ban hard depan belakang. Di seperempat balapan, harus mengendorkan kecepatan sampai urutan ke-5. Dan akhirnya bisa overtake Cruthc di tikungan akhir dan menempati urutan 4.

Tokoh utama sebenarnya bukanlah sang pemenang, Dovizioso… Tapi rekan seteamnya, jorge lorenzo yang kali ini menunjukkan atraksi berbeda. Dia bisa sangat agresive di lap-lap akhir, dan dia tidak lagi memakai ban soft, tapi hard. Saat di pertengahan balap, hohe seperti menahan diri, menyimpan ban untuk duel 3-4 lap akhir. Setelah overtake rossi, doi menahan diri di belakang marquez. Kemudian dua dan lap akhir berduel dengan marc dan dovi.

Sempat menyalip dovi, namun akhirnya melebar, doi diovertake marquez. Tak dinyana, seorang hohe kembali agresive menyalip marquez, bahkan sampai kontak bodi. Kemudian menutup line di dua tikungan akhir dibelakang Dovi…. Genius….. Black Mamba dancing !!!

Kunci kemenangan dovi adalah konsistensinya saat balapan. Meskipun diserang bertubi-tubi oleh rossi, marquez, dan lorenzo, doi tetap tenang, tak terprovokasi. Dovi seperti membalap sendiri dan tak terpancing oleh gangguan pembalap lain.

Marquez kali ini harus mengakui ketangguhan motor ducati… Sekarang¬† motor ducati begitu lincah meliuk-liuk di tikungan, serta the power of ducati saat keluar tikungan… Maaf nih… Kali ini asimonya kalah oleh desmo power… Duo ducati menjadi yang teratas di brno 2018.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

gulf oil