MOTOGP Argentina : Panggung Pembalap Kelas 2, Crutchlow Juara

suzuki

Yola dulur yang Budiman…. Gelaran MotoGP seri Argentina di sirkuit termasuk dengan Rio Hondo memberikan tontonan yang aneh, janggal, penuh drama dari awal balapan. Yang paling janggal ya itu….seri ini jadi panggung pembalap “kelas2”, dimana Crutchlow jadi juaranya.

Drama, kejanggalan pertama terjadi saat awal-awal mau balapan. Di papan pengumuman, terpampang papan wet race, sehingga semua pembalap menggunakan ban wet. Kemudian saat mau sesi pemanasan, tiba-tiba balapan ditunda, dan semua pembalap masuk ke pitstop lagi….. Kecuali Jack Miller….ternyata doi berjudi dengan memasang ban slick dari awal, sehingga doi tidak masuk pit.

Awalnya doi seperti merasakan perjudiannya. Namun keanehan kedua, muncul, semua pembalap bukannya start dari pit, tapi tetap di grid yang dimundurkan…… Aneh….. Kemudian terjadi drama saat mau start, mesin marquez ngadat… Dia disuruh start dari pit, tapi membangkang dan keukeuh start dari gridnya.

Memang doi langsung melesat, dan cukup 2 lap dia memimpin balapan, tapi polahnya membangkang tadi membuat dia dihukum pit through. Di lap pertama Pedrosa mengalami highside…crash…dnf saat disalip Zarco secara agresif.

Yang tak terduga, di lap 2, ada nama adinda tersayang ? Alex Rins diurutan ketiga, dibelakang Miller dan Marquez, dibuntuti ketat oleh Zarco dan Cruth. Setelah Marquez dihukum, posisi depan berisi Miller, Rins, Zarco dan Cruth. Mereka berempat, yang notabene pembalap “kelas2” non alien yang saling tikung di rombongan terdepan… Tidak ada nama Rossi, Dovi, Vinales, Pedrosa, Marquez.

Saling tikung antar pembalap kelas tengah ini ternyata seru dan enak diikuti. Mungkin buat penonton umum kurang greget karena tidak ada nama-nama alien. Padahal saling tikung dan pergantian posisinya sangat ramai. Bagaimana Miller  bisa diudak oleh Rins, saat mau disalip, justru Rins melebar dan disalip 2 pembalap sekaligus, Zarco dan Cruth.

Kemudian Rins sempat memimpin sesaat kemudian ditikung lagi oleh Zarco dan Cruth. Dan tiga pembalap inilah yang nantinya mengisi podium.

Kita tinggalkan pembalap terdepan, kita obrolin polah Marquez yang pembalap alien itu. Selepas keluar dari hukuman pit. Sepertinya perangai buruknya muncul. Memang dia pembalap alien, tapi kurang respek terhadap pembalap lain, agresif sih boleh saja, tapi memaksa saat tidak ada ruang sehingga menabrak itu kurang beretika. Beberapa pembalap terkena korban, dari Aleix espargaro, Nakagami, dan yang terakhir Rossi yang disodok sampai nyium rumput. Seharusnya Marquez sudah mendapat peringatan semenjak insiden espargaro. Namun entah bagaimana kok baru insiden dengan crash ya Rossi doi dihukum. ….wew…..

Kembali di urutan depan, yang berisi Cruth, Zarco dan Rins. Di 3 lap terakhir, sepertinya Rins mencari aman setelah melihat kondisi Miller agak jauh..   yah…lebih baik menikmati podium pertamanya daripada crash memaksakan diri. Hanya ada upaya Zarco yang ingin menjungkalkan pembalap LcR Honda tersebut. Namun upayanya sampai tikungan terakhir tidak ada momen tepat. Juaranya Crutchlow, Zarco kedua, dan Alex Rins ketiga….. Selamat…..

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*