Moto GP 2019, Soal Livery Yamaha Jagonya

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Seperti halnya team suzuki ecstar, team factory yamaha juga meluncurkan motor balap Motogp nya sehari setelahnya. Istimewanya,Yamaha M1 2019 diluncurkan di Jakarta, Senin kemarin. Dan seperti biasa, soal livery, yamaha memang jagonya.

Hal yang lumrah di peluncuran motor motogp, yaitu menyembunyikan performa sebenarnya. Semua team seperti itu. Performa riil akan selalu disembunyikan. Dipublikasi sama saja memberikan bocoran ke team lain…. Harom hukumnya.

Team yamaha juga seperti itu. Makanya saat peluncuran, yang ditunggu adalah desain dan pewarnaan ( baca livery ). Dan kali ini adalah pertama kalinya yamaha mengandeng spinsor utama minuman energy Monster. Pengganti dari movistar.

Dan lumrahnya team monster, warna yang diminta adalah warna hitam. Sebagai background lambang cakaran monster yang berbentuk hurif M. Jadilah motor yamaha M1 berwarna dual tone. Kombinasi warna biru tua dan hitam. Bisa jadi karena hengkangny team satelite yamaha, Tech3 yang sponsor utamanya adalah Monster energy.

Warna dual tone biru-hitam ini juga lebih memberikan diferensiasi saat balapan nanti. Di musim kemarin, agak-agak susah membedakan mana motor yamaha atau motor suzuki di motogp. Secara warnanya sama-sama biru.

Perubahan warna dan livery di motogp bagi yamaha adalah hal lumrah. Karena motogp adalah lahan promosi dan penguatan brand image. Karena yamaha itu identik dengan anak muda, up to date dengan gaya, stylist dan populis, maka perubahan adalah hal yang lumrah… Mengikuti mode yang sedang ngepop. Bukan aliran konservatif yang punya pakem dan agak kaku.

Makanya soal pewarnaan dan grafis livery, yamaha memang yahud, pandai mendesain garis grafis livery. Dan umumnya sih nampak keren. Apalagi ada valentino rossi yang memang dikelilingi oleh team desain art kelas Italia.

Ini bukan berarti team lain punya grafis desain jelek ya…. Hanya saja, yamaha selalu membuat grafis selangkah lebih bagus dan segar…. Berani ngomong grafis suzuki ecstar jelek…. Takantemi…🤣🤣

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum