Miris…. Anak SMP Naik Motor Tanpa Helm Hanya Dikasih Hadiah Senyum Sama Polisi

suzuki

Yola dulur… Di artikel yang lalu deka menulis tentang mental attitude dan safety tentang maraknya anak SMP yang menggunakan motor untuk berangkat sekolah, cek artikel ini. Padahal mereka itu belum cukup umur untuk mendapatkan SIM. Kali ini justru lebih bikin gedeg-gedeg … Di kota Mataram banyak anak pelajar SMP terang-terangan naik motor, bahkan tanpa mengenakan safety gearset helm. Dan itu sering terjadi di depan pak polisi.

biker ilegal
biker ilegal

Berikut ini testimoni dari saudara Topari dari Mataram.
“Bukan hanya di Jakarta dan sekitarnya, di Mataram tempat saya tinggal lebih parah. Sepeda motornya pretelan dan tanpa helm. Polisi hanya senyum, kecuali kalau ada jadwal operasi,” tutur Topari dalam surat elektronik yang diterima detikOto.

“Harusnya polisi peka, kelihatan tidak cukup umur hentikan dan periksa kelengkapannya. Jika melanggar tahan, minta orang tuanya yang mengambil kendaraannya di kantor polisi,” katanya.

Meskipun demikian, ada bantahan dari pihak kepolisian, Kasubdit Bingakum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Hindarsono menjelaskan, pihak kepolisian sudah lama memberlakukan tindakan tegas kepada anak SMP atau anak dibawah umur yang sudah membawa sepeda motor. Tindakannya adalah menilang dan membawanya ke kantor polisi.

“Sepeda motornya akan kita kandangin 1 bulan. Nanti orang tua dan gurunya akan kita panggil untuk mengambil motor dan anaknya itu,” tutur Hindarsono saat dimintai pendapat oleh detikOto mengenai anak SMP sudah bawa motor ke sekolah.

Ya… Meskipun ada bantahan, namun deka kok lebih percaya sama testimoni tersebut ya…. Kita bukannya ingin menyalahkan ke satu pihak kepolisian saja, pihak orang tua anak juga punya peranan penting. Namun sudah menjadi suatu rahasia umum kalau penegakan hukum di marih itu ngambang nggak jelas… Kadang galak… Kadang ada pembiaran.

Semua kembali ke niat awal penegak hukum. Menertibkan aturan hukum atau sekedar menjalankan tugas demi gaji bulanan plus uang tambahan. Atau kadang kita pihak masyarakat juga lebih seneng dengan kondisi seperti ini, longgar…. Ngelanggar hukum bebas denda…. Enggak pakai helm, enggak punya sim aman… Irit nggak harus beli helm dan ribet urus SIM… Logika otak kue apem…..

Bonus : Judas Priest….. Breaking The Law….

Sumber : detikoto

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

gulf oil

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*