Mio Metik Irit Sudah Mulai Diakui Oleh Warga

suzuki

Yola dulur yang budiman…. awalnya hanya obrolan ringan dengan teman dan kerabat saat hajatan keluarga kemarin. Ujung-ujungnya membicarakan motor yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Kebetulan kerabat deka memakai metik yamaha mio M3. Dan teman deka yang bernama Maman, sambil menunjuk mio m3 merah, bilang : metik itu irit banget ya…..

mio 125 bluecore
mio 125 bluecore

Maman sendiri sebenarnya biker yang kesehariannya mengendarai motor honda beat karbu tahun 2011. Secara kebetulan pula, karena gaya ridingnya ngawur, motor beatnya udah ngasep, ciri-ciri bagian klep atau ring seker udah lemah. Otomatis konsumsi bahan bakarnya jadi boros. Kemudian doi deka pinjemi si betty selama 4 hari, karena deka pulang kampung ke magelang.

Dan ternyata secara diam-diam mengamati beat karbu deka tersebut dan ngebandingin dengan mio m3 milik kakak ipar deka, yang pernah pula doi jajal beberapa hari. Menurutnya, yamaha mio m3 termasuk metik yang sangat irit konsumsi bbm-nya untuk hitungan masyarakat awam. Entah apa parameternya, namun si Maman ngomong seperti itu.

Kalau yang ngomong seorang fans yamaha atau FBY, paling deka akan ledekin. Namun si Maman ini orangnya seperti publik motor awam lainnya. Kalau beli motor, tahunya yang bagus itu honda. Selain piara beat karbu 2011, doi juga punya bebek supra emprit. Kakak ipar deka juga awalnya minded honda, namun berhubung anak ceweknya maunya beli mio, akhirnya minang metik yamaha tersebut.

mio 125 bluecore
mio 125 bluecore

Dan selama memakai mio m3 selama 1 tahun, dia bilang juga nggak nyangka kalau metik yamaha bisa seirit itu. testimoninya, diisi pertamax 10 rebu, bisa untuk antar jemput anak ceweknya 3 hari. Sedangkan jarak tempuhnya sekitar 20-25 km/hari. Semua yang ngumpul disitu, karena rata-rata bermotor honda, awalnya pada nggak percaya. Sampai kakak deka bilang, ” nek ra ngandel jajalen dewe…. silahkan pinjam 1 minggu, diitung aja sewa 1 hari 30 ribu ” XD XD .

Kemudian tetangga deka yang memakai mio gt ym-jet ikutan nimbrung, kalau metiknya juga lumayan irit. Cuma rata-rata mengeluhkan suspensi mio yang keras, jadi saat dikendarai di jalanan cirebon kurang nyaman. Kalau soal irit, metik yamaha sudah termasuk irit. Mereka sebelumnya hanya tahu kalau motor irit itu merk honda. Namun setelah merasakan sendiri punya metik yamaha, baru berani bilang irit.

anchoring

Itulah gambaran publik motor di negara kita ini. Kalau nggak ngerasain langsung, maka tidak akan percaya dengan fakta baru. Mereka masih berpatokan pada mindset yang turun-temurun. Bahkan ketika disajikan fakta baru, mereka menolaknya dengan ungkapan pertanyaan, ” Apa betul seperti itu ? “.

So… kasus ini adalah PR bagi yamaha, atau merk non honda lainnya. Bagaimana mereka memasukkan fakta baru ke publik motor. Mereka tidak akan percaya dengan mudah ketika disajikan berita atau fakta. Selama masih “katanya” maka selain merk honda akan ditampik dengan keras. Selain disajikan fakta baru secara kontinyu, publik motor harus diyakinkan dengan nyata tampak mata. Caranya? turun langsung…… jangan kongkow di belakang meja kantor doooooong…….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil