Mini Touring Test Ride Suzuki NexII Jakarta-Alam Sutera

suzuki

Yola dulur yang Budiman…. Rasa penasaran tentang karakter metik entry level baru Suzuki, NexII sedikit terobati saat melakukan review singkat ketika touring mini Suzuki nexII dari Jakarta sampai alam sutera Tangerang Banten.

Mini Touring karena jarak tempuh “hanya” 50 km. Walaupun singkat, namun sudah bisa mengobati rasa penasaran akan karakter Suzuki nexII itu seperti apa. Belum bisa mengeksplore performa puncak, efisensi BBM, serta fungsionalitas karena terbatasnya waktu dan jarak.

Namun saat Testride 50 km ini cukup untuk mengenal karakter dasar metik yang dibandrol termurah daripada duo Jepang lainnya, beat dan mio. Jalurnya sendiri murni jalanan khas ibu kota. Tidak ada pemilihan jalur mulus, tapi real kondisi nyata, dengan kualitas lalu lintas yang semrawut , cenderung “nggapleki” khas lalu lintas Jabodetabek.

Bahkan touring ya sendiri tidak dikawal oleh patwal. Hanya dibantu oleh team dari Ion yang ditunjuk sebagai koordinator touring dan road captain. Ini dilakukan agar touring mewakili cara berkendara yang aman, sopan, dan tertib tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Jalan milik umum.

Jadi saat Turing ya kita-kita seperti pengendara pada umumnya, tidak mendapat prioritas. Saat ada pengendara nyalip ya dibiarkan, kena lampu merah ya berhenti, yang depan menunggu. Paling hanya memberitahu pengguna jalan lain bahwa ada rombongan Testride mau lewat, mohon jangan memotong jalur. Salut buat koordinator Turing.

Kebetulan Ngadimin dapat motor Testride nomer 1, seekor nexII fancy dinamic warna hitam dengan odometer 800an km. Maka dari itu posisinya persis dibelakang road captain yang sibuk membuka jalanan yang full padat.

Oh iya, metiknya sendiri di laci depan diberi sebuah botol minuman, untuk menguji kemampuan bawanya. Dan ketika bertemu dengan jalan bumpie, Ngadimin tidak berusaha menghindar. Pokoknya trabas kondisi apapun. Namanya juga ngetes motor, ya ngga? Dan Suzuki nexII cukup mumpuni. Bahkan botol minuman tidak lepas dari laci sampai tujuan. Ini membuktikan bahwa desain laci barang di Suzuki nexII didesain sempurna, sehingga berfungsi juga mengunci barang untuk terhindar dari terlempar keluar. Great job untuk para insinyurnya.

Bayangkan saja lalu lintas dari kemang – cirendeu – pondok cabe – Pamulang – Cipete – BSD – alam sutera jam 10 pagi. Lumayan Crowder Lur. Jalan aspal juga tak mulus, banyak potholes, aspal bumpie. Demikian juga kepadatan lalu lintas yang mana kita harus mencari celah diantara kendaraan yang melintas.

Disinilah terasa sekali karakter Suzuki Nex II adalah metik yang didesain untuk membelah kepadatan jalanan kota. Desain yang slim, kompak memudahkan rider untuk menyusup diantara kepadatan lalu lintas. Suzuki Nex II begitu nurut diajak bermanuver ria. Enteng, seenteng-entengnya sebuah metik yang beredar di sini.

Yang paling seru adalah saat membelah kepadatan jalan bsd yang bercampur antara mobil pribadi dan kendaraan besar seperti dumptruck. Setelah jalur diantara kendaraan dibuka oleh RC, Ngadimin tinggal mengikuti jalurnya saja, kanan kiri berjejer kendaraan dengan jarak hanya 20 cm an, Suzuki nex sangat enak untuk dihandling. Saat harus pindah jalur pun, tinggal miring dikit dan membelokkan stang sedikit, nexII nurut diajak bermanuver dalam kecepatan sangat rendah, tanpa menurunkan kaki. Inilah yang membuat pede untuk membelah kepadatan lalu lintas.

Untuk sektor mesin, Suzuki nexII begitu smooth, halus, gampang dihandling, gampang mengontrol power yang tersalur….even bagi rider pemula.¬†Suzuki nexII tidak mengintimidasi, tapi smooth, jinak dikendarai…. Original karakter sebuah skuter metik.

Dan yang membuat Ngadimin suka, jarak 50 km tidak membuat capek di badan saat menggunakan metik mungil. Hanya saja pantat terasa panas…. Meskipun masih bisa ditolerir. Untuk detail karakter Suzuki nexII, kita bahas artikel berikutnya. Masih menunggu foto yang ciamik…. Intinya, dengan harga 13,9 juta jabtabek, nexII tidak akan mengecewakan uang anda. Justru memberikan lebih dari metik dengan harga diatasnya..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil