Mimpi Terlalu Dalam Akan Honda Tiger

suzuki

Yola dulur yang budiman….kalau kita menemukan sebuah motor naked baru merk honda di luar negeri, tak sedikit yang mengharapkan itu adalah desain next tiger, new tiger. Bagi ngadimin sendiri, untuk kondisi saat seperti ini, mengharapkan new tiger itu seperti mimpi yang terlalu dalam.

Ini bukan ngadimin ingin meremehkan motor honda tiger….No…No… Bagaimanapun honda tiger merupakan motor legendaris, ex raja motor Indonesia. Di jamannya, denger tiger adalah motor yang wah…horang kayah…cewek klepek-klepek, idaman tiap anak muda. Punya motor honda gl-max…ngakunya punya honda tiger….tiger kuntet… :mrgreen:  :mrgreen: .

(ilustrasi next tiger)

Tapi ironinya…justru image motor kelas “tinggi” itulah yang membunuh honda tiger. Terbunuh oleh pergeseran jaman, dimana motor-motor kelas 250 cc seperti ninja 250, atau motor 150 cc injeksi yaitu vixion. Segi harga juga membunuh sang tiger, bayangkan saja, motor seri GL dengan mesin air cooled, suspensi belakang ganda, suspensi depan teleskopik, performa apa adanya dihargai 26 juta. Sedangkan vixion saat itu masih 20an juta menghadirkan motor monoshock, liquid cooled 4 valve injeksi. Di sisi gengsi dihantam kawasaki ninja 250.

Dulu dimana motor 200cc dengan bodi besar menjadi image motor “wah”, kini sudah dianggap kelas wajar. Tentu segmen pasarnya juga akan menyusut tajam dibandingkan dulu. Kehadiran kelas 250cc twin silinder jelas meluluh-lantakkan gengsi kelas 200 cc. Bahkan seteru tiger, yamaha scorpio juga ikutan ihnil manfus nasibnya, idem dengan honda tiger. Kelas 200cc tergencet kelas 150 dan 250cc.

(cb300)

Dan mungkin pertimbangan itulah kenapa AHM seperti ogah menghadirkan tiger reborn. Kelas kejepit yang sekarang segmennya kurang menarik. Bisa saja sih laku bagi penggemar motor naked cruiser, atau bagi yang ingin bernostalgia ulang dengan motor jenis tiger. Tapi yakinlah…jumlahnya tidak akan sampai menarik ahm untuk mengeruk untung.

Jadi, untuk saat ini, mengharapkan tiger reborn, perlu mimpi lebih dalam…dalam banget. Bagaimanapun, kita harus mengikhlaskan honda tiger pensiun dan damai dalam masa istirahatnya. Jika nanti pada saatnya trend motor cruiser booming, baru deh mengharap tiger bereinkarnasi.

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil

3 Komentar

  1. Awal keluarnya beda dikit kyknya ama bebek. Astrea grand 3 jutaan tiger 6-7 jutaan klo gak salah. Klo ditarik skrg hrsnya harga cuma 30 jutaan klo pengen booming. Tapì ya itu, 150 cc aja teknologinya udah mantep

  2. Banyak yang ngiler tiger di swap engine pake punya cbr jomblo untuk mengikuti trend mesin masa kini. Tapi itu bukan salah satu solusi untuk menghidupkan kembali sang legenda. Seperti kata kang Deka, era tiger memang sudah usai. Beruntunglah yang masih memiliki sang macan. Sebagai pelipur kerinduan terhadap sang legenda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*